Beranda Syiar Rumah Zakat Menjadi Bagian Program Kemanusiaan Untuk Myanmar

Rumah Zakat Menjadi Bagian Program Kemanusiaan Untuk Myanmar

BERBAGI
Menlu Retno Marsudi Bersama 11 NGO anggota AKIM/Rumah Zakat

Jakarta, AHAD.CO.ID – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi meluncurkan program Humanitarian Assistance for Sustainable Comunity (HASCO) untuk Myanmar, di Gedung Pancasila, Kamis, (31/8). Program yang diprakarsai oleh Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) ini bertujuan untuk memberikan bantuan bagi rakyat Myanmar di bidang peningkatan kapasitas, pengiriman tenaga ahli, livelihood, dan pemulihan. Peluncuran program dihadiri oleh sejumlah perwakilan asing, perwakilan organisasi internasional di Jakarta, serta organisasi sosial kemasyarakatan yang ada di Indonesia, termasuk Rumah Zakat.

“Kami, perwakilan pemerintah Republik Indonesia, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada AKIM. Saya kira tidak banyak negara yang dapat melakukan sinergi yang sangat kuat, antara Pemerintah dan LSM kemanusiaan untuk suatu tujuan membantu situasi kemanusiaan dalam hal ini Myanmar,” ungkap Retno, dalam sambutannya sebagaimana rilis media yang diterima AHAD.CO.ID, Kamis, (31/8). “Oleh karena itu kita bisa berbesar hati mengatakan: this is Indonesia. Indonesia yang maju, yang peduli terhadap situasi kemanusiaan dan peduli melakukan kerjasamanya secara konstruktif.”

Dalam sambutannya, Menlu RI juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk membantu pemerintah Myanmar dalam membangun negara bagian Rakhine, dalam proses reformasi dan rekonsiliasi termasuk penguatan demokrastisasi. Indonesia mendorong pemerintah Myanmar dapat segera memulihkan stabilitas keamanan di Rakhine pasca serangan 25 Agustus yang lalu.

Baca juga :   Mengenal Sosok "Funny Shaikh" Yusuf Estes

“Kita mengharapkan pemerintah Myanmar dapat memberikan perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine termasuk komunitas Islam dan akses kemanusiaan,“ tambahnya.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen dari 11 NGO yang merupakan anggota AKIM termasuk Rumah Zakat turut berkomitmen mendukung program HASCO untuk Myanmar.

“Para pengungsi Myanmar tidak hanya butuh bantuan logistik, tapi juga dukungan politik. Bersama Kementerian Luar Negeri, Insyaallah upaya diplomasi menjadi lebih mudah,” tutur CEO Rumah Zakat, Nur Efendi. “Semoga Allah memudahkan kita dalam membantu dan memulihkan Myanmar.”

FARA V SYAHRINI