Beranda Berita Bahas Perkembangan Al Aqsha, Presiden Palestina Akan Temui Erdogan

Bahas Perkembangan Al Aqsha, Presiden Palestina Akan Temui Erdogan

BERBAGI
Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Presiden Turki, Erdogan/AA

Ankara, AHAD.CO.ID- Presiden Palestina Mahmoud Abbas dijadwalkan akan mengunjungi Turki pada 28 Agustus mendatang. Terdapat beberapa isu yang akan dibahas dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Rencana kunjungan Abbas ke Ankara dikonfirmasi oleh juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin. “Kedua pemimpin tersebut (Abbas dan Erdogan) akan membahas perkembangan terakhir di Al-Aqsa dan Jerusalem, bersamaan dengan proses perdamaian Palestina,” kata Kalin, Kamis (24/8).

Bulan lalu, Israel menerapkan skema keamanan baru di Masjid Al-Aqsa setelah dua personel kepolisian mereka tewas ditikam oleh warga Palestina. Adapun bentuk keamanan tersebut diwujudkan Israel dengan mengoperasikan pendetektor logam dan kamera pengintai di Kompleks Al-Aqsa.

Hal ini memicu protes keras, tak hanya oleh warga Palestina di Jerusalem, tetapi juga oleh negara-negara Muslim. Tindakan Israel dianggap merupakan bentuk intervensi terhadap aktivitas kebebasan beragama masyarakat Muslim di Jerusalem.

Baca juga :   Apresiasi Terus Mengalir, Kini Zohri Dapat Gerai Minimarket Sodaqo

Di Jerusalem sendiri, dioperasikannya detektor logam dan kamera pengawas memicu gelombang protes. Masyarakat Muslim di sana menolak untuk beribadah di Al-Aqsa sebelum Israel menarik seluruh peralatan keamanannya dari situs tersuci ketiga umat Islam tersebut.

Hal ini belakangan menyulut pecahnya bentrokan antara warga Palestina dengan aparat keamanan Israel. Korban tewas dan luka-luka pun berjatuhan akibat diserang oleh peluru karet Israel. Pasca-bentrokan yang cukup mencekam, Israel akhirnya memutuskan untuk menarik segala peralatan keamanannya dari kompleks Masjid Al-Aqsa.

ANADOLU AGENCY | DANIEL AMRULLAH