Beranda Berita Sidang Itsbat Awal Dzulhijjah Digelar 22 Agustus

Sidang Itsbat Awal Dzulhijjah Digelar 22 Agustus

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang itsbat (penetapan) awal Zulhijjah 1438. Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan, sidang itsbat akan digelar pada Selasa, 22 Agustus 2017 mendatang di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jl. MH Thamrin Jakarta.

Penentuan awal Dzulhijjah 1438 H, lanjut Amin, menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. Mereka bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi terkait setempat.

“Hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Zulhijjah 1438 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Zulhijjah untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1438 H,” terang Amin di Jakarta, Ahad (20/8).

“Ada tujuh puluh lokasi rukyatul hilal awal Zulhijjah yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.

Amin menambahkan, sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama.

Baca juga :   Kiai Abdul Rasyid: Ijtima' Ulama Upaya Mempersatukan Umat

Sidang itsbat akan menghadirkan sejumlah tokoh, antara lain: Duta Besar Negara-negara Sahabat; Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

DANIEL AMRULLAH