Beranda Berita Lalui 3000 KM, Sembilan Muslim Inggris Pergi Haji dengan Bersepeda

Lalui 3000 KM, Sembilan Muslim Inggris Pergi Haji dengan Bersepeda

BERBAGI
Penduduk Madinah menyambut sembilan muslim Inggris yang berhaji menggunakan sepeda/Saudi Gazette

Madinah, AHAD.CO.ID- Sembilan orang Inggris yang pergi haji mengendarai sepeda telah tiba di Madinah, Arab Saudi. Mereka bersepeda sejauh 3.000 km yang ditempuh selama enam pekan.

Setibanya di Madinah, mereka mendapat sambutan hangat dari pemerintah Saudi dan penggemar bersepeda setempat. Oleh Asosiasi Pesepeda Saudi dan Asosiasi Pesepeda Taibah, mereka disambut dengan upacara tradisional yakni memukul rebana serta taburan bunga mawar.

“Ini merupakan inspirasi bagi para pesepeda dan momentum yang menyenangkan untuk menyambut jamaah haji asal Inggris yang tiba di Kota Nabi (Madinah) dengan bersepeda,” kata Mohammed Al-Sarani dari Asosiasi Pesepeda Taibah.

Usai disabut dengan upacara tradisional, para peziarah diizinkan untuk langsung masuk ke Masjid Nabawi.

Kelompok yang berangkat dari London pada 14 Juli ini sebelumnya melewati Prancis, Swiss, Italia, Yunani dan Mesir, demikian tulis Kantor Berita Saudi.

Kelompok tersebut sebenarnya berencana untuk datang ke Saudi melalui Turki, Suriah dan Yordania, namun karena alasan keamanan mereka melakukan perjalanan dengan kapal dari Yunani ke Mesir dari tempat mereka melakukan perjalanan darat ke Jeddah.

Dari Jeddah, kelompok tersebut melakukan perjalanan ke Madinah dengan sepeda. Perjalanan mereka didukung oleh polisi lalu lintas dan dinas Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi.

Pimpinan kelompok tersebut, Abdul Wahid Don White, mengatakan bahwa perjalanan tersebut bertujuan untuk menyampaikan gambaran Islam sebagai agama damai dan toleran di negara-negara yang mereka lewati.

Baca juga :   Awal Ramadan 1439 H Kemungkinan Serentak

“Sebelum memulai perjalanan, para pembalap dari badan amal Human Aid yang berbasis di Inggris berharap dapat mengumpulkan £ 1 juta untuk bantuan medis di Suriah,” kata Abdul Wahid.

Perjalanan dimulai di London Timur, lalu menuju New Haven, lalu mereka naik feri ke Dieppe di Prancis. Dari sana, mereka bersepeda ke Paris, kemudian melakukan perjalanan ke Swiss, Jerman, Austria, Liechtenstein dan memasuki Italia.

Di Venesia, kelompok tersebut kembali naik feri ke Igoumenitsa di Yunani. Mereka bersepeda melalui Yunani dan naik pesawat menuju Alexandria, Mesir. Mereka mengayuh sepeda di Mesir dan pergi ke pelabuhan Hurghada, tempat mereka naik feri ke Yanbu di Arab Saudi.

Menurut Abdul Wahid, dia telah merencanakan perjalannya dari 11 tahun lalu saat dirinya masuk Islam.

“Saya punya banyak waktu untuk memikirkan bagaimana bisa mengubah hidupku. Saya pikir saya suka bersepeda dan saya ingin pergi haji, jadi kenapa kita tidak kembali ke cara lama untuk melakukan perjalanan itu?,” kata Abdul Wahid.

SAUDI GAZETTE | DUDY SYA’BANI TAKDIR