Beranda Syiar Kelompok Tani Desa Berdaya Tambahrejo Panen 7 Ton Bengkuang

Kelompok Tani Desa Berdaya Tambahrejo Panen 7 Ton Bengkuang

BERBAGI

Batang, AHAD.CO.ID- Kelompok Tani Desa Tambahrejo Kab. Batang berhasil melakukan panen bengkuang sebanyak tujuh ton. Panen bengkuang ini berhasil dilakukan setelah 4,5 bulan penanaman.

“Panen bengkuang pada saat ini tergolong suskes. Selain karena musim yang sangat mendukung, irigasi atau pengairan juga terjangkau, harga jual pun sedang dalam kondisi yang baik,” ujar Fasilitator Desa Berdaya Tambahrejo, Kahfi Salim, Jumat (18/8).

Panen bengkuang tersebut dilakukan di lahan milik Desa Tambahrejo dengan luas 4.000 meter persegi. Warga kemudian menjual bengkuang dengan harga Rp2.500  per kilogram.

Program yang diberi nama Kebun Rakyat ini merupakan salah satu program kerja sama yang dilakukan antara Rumah Zakat dan Karang Taruna desa setempat. Kahfi menambahkan, hasil panen akan digunakan untuk pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

Baca juga :   Begini Tradisi Idulfitri ala Indonesia di Azerbaijan

“Untuk selanjutnya hasil dari panen akan digunakan dan diawasi secara bersama oleh Karang Taruna dan juga Rumah Zakat dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Adapun pemberdayaan yang dilakukan diantaranya pemberdayaan ekonomi agar dapat membantu modal usaha bagi pelaku usaha kecil, juga pertanian agar nantinya warga bisa melakuakan penanaman dalam masa tanam yang sngkat namun memiliki nilai jual cukup,” pungkas Kahfi.

DUDY SYA’BANI TAKDIR