Beranda Berita Bawa Palu, Jamaah Haji Asal Tegal Diamankan Imigrasi Jeddah

Bawa Palu, Jamaah Haji Asal Tegal Diamankan Imigrasi Jeddah

BERBAGI
Jamaah Haji Indonesia Tiba di Madinah/Sihat Kemenag

Jeddah, AHAD.CO.ID- Seorang jamaah haji asal Tegal Jawa Tengah, diamankan petugas imigrasi Jeddah, Senin (14/8). Jamaah itu kedapatan membawa palu atau martil. Dia mengatakan nekat membawa martil untuk membuat tali jemuran di hotel.

Namun akhirnya jamaah dilepaskan dan palu tidak disita, setelah pihak imigrasi mendapatkan penjelasan dari petugas pendamping tentang tujuan jamaah membawa alat pertukangan tersebut. Kepala Daerah Kerja Airport Jeddah, Arsyad Hidayat, meminta semua jamaah mematuhi peraturan penerbangan internasional.

“Jamaah harus tahu dan mematuhi aturan penerbangan. Pada setiap embarkasi haji pasti suda ada sosialisasi barang bawaan yang dilarang masuk ke pesawat. Supaya jamaah nyaman beribadah dan proses keluar bandara lancar jangan mencoba membawa barang-barang terlarang dan barang yang dibatasi jumlahnya oleh bea cukai,” ujar Arsyad di Daker Bandara, Jeddah, Senin (14/8).

Pada hari yang sama, seorang jamaah kloter JKG 33 berinisial AM, sempat tertahan karena kedapatan membawa senter charge. Setelah beberapa saat tertahan AM akhirnya dilepaskan dengan kewajiban membayar denda 400SAR dan barang tetap disita petugas.

Baca juga :   TGH Zainul Majdi: Transaksi Keuangan Syariah Adalah Perintah Al Quran

“Bila jamaah membutuhkan peralatan tertentu, jamaah bisa dengan mudah beli di Arab Saudi,” kata Arsyad.

Sebelumnya, kedatangan jamaah haji gelombang pertama di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah ditemukan barang bawaan jamaah haji yang disita oleh otoritas bea cukai bandara. Antara lain obat-obatan, jamu, dan rokok yang disita karena jumlahnya yang terlalu banyak.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, sosialisasi mengenai barang bawaan jamaah gencar dilakukan oleh PPIH Embarkasi di semua embarkasi haji. Bahkan di beberapa embarkasi haji juga dilakukan pemeriksaan dan pembongkaran koper yang diketahui membawa barang-barang tersebut dalam jumlah besar.

DUDY SYA’BANI TAKDIR