Beranda Berita Komnas HAM Minta Anak Tak Dilibatkan Demo Tolak FDS

Komnas HAM Minta Anak Tak Dilibatkan Demo Tolak FDS

BERBAGI
Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Komnas HAM menyampaikan keprihatinan terhadap demonstrasi menolak Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Demonstrasi yang dilakukan sejumlah anak itu, menurut Komnas HAM diduga mengandung ujaran kekerasan.

“Masih tersedia mekanisme lain yang lebih elegan dan efektif untuk menyampaikan aspirasi atas suatu kebijakan pemerintah,” kata komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution di Jakarta, Senin (14/8).

Menurutnya, ujaran kekerasan yang dilontarkan anak-anak dalam aksi sebagaimana cuplikan video yang sedang viral di sosial media tersebut sangat tidak elok dan mencederai tumbuh kembang anak.

“Pasalnya, anak-anak itu pada saatnya dikhawatirkan akan mewarisi, tidak hanya ujaran-ujaran kekerasan, tetapi juga perilaku-perilaku kekerasan,” tambahnya.

Komnas HAM memandang, ujaran yang diteriakan para peserta demonstrasi, di samping tidak sesuai dengan keadaban keIndonesiaan, juga melanggar hak asasi anak.

“Sebab, dalam perspektif HAM, setiap anak berhak untuk tidak dilibatkan di dalam peristiwa-peristiwa yang mengandung unsur kekerasan (pasal 63 UU No.39 tahun 1999 tentang HAM),” terang dia.

Baca juga :   Pengamat Ekonomi Syariah: Aplikasi Pinjaman Online Seperti Rentenir Digital

Pihaknya juga meminta negara khususnya kepolisian melakukan investigasi perihal kebenaran video itu. “Sekira benar adanya, pihak-pihak yang dengan sengaja memanfaatkan anak untuk kepentingan-kepentingan tertentu, sejatinya diproses secara profesional, independen, dan tidak diskriminatif sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Komnas HAM juga mengajak semua pihak, yang pro maupun kontra dengan kebijakan pemerintah tersebut, menahan diri dan tidak memanfaatkan anak untuk kegiatan atau aktivitas yang sangat membahayakan bagi tumbuh kembang anak.

“Sebaiknya saluran aspirasi atas suatu kebijakan pemerintah dilakukan sesuai mekanisme hukum yang tersedia, dilakukan dengan elegan dan dengan mengedepankan dialog,” pungkasnya.

DAMAR AH | DUDY SYA’BANI TAKDIR