Beranda Ekonomi Jawa Barat Dorong Bank Syariah Terus Berinovasi

Jawa Barat Dorong Bank Syariah Terus Berinovasi

BERBAGI
Wagub Jawa Barat, Dedy Mizwar bersama Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin menandatangani prasasti peresmian gedung baru BPRS Amanah Umat di Bogor/IST

Bogor, AHAD.CO.ID- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar hadir dalam tasyakur milad ke-25 sekaligus meresmikan gedung baru Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Amanah Ummah di Leuwiliang Kabupaten Bogor, Senin (7/8).

“Atas nama Pemprov Jawa Barat saya mengucapkan selamat milad kepada BPRS Amanah Ummah dan apresiasi atas hadirnya kantor pusat yang baru ini,” ujar Deddy Mizwar di hadapan para undangan.

Dalam kesempatan itu, Deddy mendorong agar bank syariah terus berinovasi agar bisa bersaing dengan bank konvensional. Misalnya masalah biaya administrasi, bagaimana bisa dilakukan inovasi karena selama ini terkesan beban administrasinya lebih mahal ketimbang bank konvensional.

Meski demikian, kata Deddy, umat Islam dianjurkan memilih bank syariah, “Kalaupun lebih mahal sedikit gak apa-apa lah yang penting berkah,” imbuhnya. Ia meyakini, semua orang ingin aman dan nyaman untuk berhubungan dengan bank syariah. “Karena yang dicari itu keberkahan bukan sekedar hitungan materinya,” kata Deddy.

Ia juga mengatakan, jumlah penduduk muslim di Jabar yang kini mencapai 40,9 juta jiwa memiliki potensi pasar keuangan syariah yang sangat terbuka. Ia pun menyambut baik banyaknya perguruan tinggi di Jabar yang menghadirkan program-program studi ekonomi berbasis syariah yang nantinya dapat mengisi ruang kosong di industri keuangan syariah. Hal ini menurutnya, akan mampu meminimalisir terbatasnya ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi khusus di bidang ekonomi syariah.

Baca juga :   DKM Al Haqqul Mubiin PT. AHM dan Rumah Zakat Gelar Sunatan Massal

Akhirnya, dengan mengucapkan bismillah, Wajub Jabar meresmikan gedung BPRS Amanah Ummah. Ia berharap, BRPS Amanah Ummah semakin maju dan sektor jasa keuangan syariah punya andil yang lebih besar dalam pemberdayaan umat serta perekonomian negara. “Indonesia harus menjadi yang terdepan dalam bidang perbankan syariah apalagi mayoritas penduduknya muslim,” tuturnya.

Selain Wagub Jabar, acara tersebut dihadiri sejumlah ulama diantaranya, Ketua MUI Pusat KH Ma’ruf Amin, Dewan Pengawas Syariah BPRS Amanah Ummah KH Didin Hafidhuddin, KH Qodamul Qudus, KH Abbas Aula dan lainnya. Selain ulama, hadir pula sejumlah pimpinan daerah seperti Bupati Bogor Nurhayati, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Rohendi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Yasin serta sejumlah pejabat setempat.

DAMAR AH | DUDY SYA’BANI TAKDIR