Beranda Berita Serangan di Arab Saudi Timur, 1 Polisi Tewas

Serangan di Arab Saudi Timur, 1 Polisi Tewas

BERBAGI
ilustrasi/dawn.com

Riyadh, AHAD.CO.ID – Seorang perwira polisi Saudi tewas dan enam lainnya cedera akibat penyerangan di kota Awamiya, Arab Saudi Timur, Ahad, (30/7). Mereka sedang berpatroli saat serangan itu terjadi.

“Patroli polisi diserang teroris dengan menggunakan proyektil di dekat bagian tembok Awamiya, atau yang dikenal sebagai al-Musawara,” kata kementerian dalam negeri dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita resmi SPA.

Sejak Mei 2017, sejumlah polisi menjadi korban tewas saat pihak berwenang meruntuhkan bagian kota yang dihuni Syiah tersebut, untuk membongkar tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian mereka. Pekan lalu, lima orang tewas saat pasukan keamanan melakukan operasi untuk melumpuhkan tersangka militan di kota tersebut.

“Penembakan oleh aparat memaksa penduduk dan pekerja ekspatriat untuk melarikan diri dari kota,” kata seorang warga.

Baca juga :   40 Ribu Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada di Madinah

Kerusuhan dan serangan bersenjata terhadaop pasukan keamanan terjadi sejak 2011, sejak terjadinya demonstrasi Arab Spring. Warga Syiah di Awamiya mengeluh Saudi menelantarkan mereka sejak pemerintahan dipimpin oleh Sunni. Hal tersebut dibantah Pemerintah Saudi.

“Pemerintah berencana mengganti al-Musawara yang sudah berusia 200 tahun dan bobrok dengan distrik yang modern,” jelas Pemerintah Saudi.

REUTERS | FARA V SYAHRINI