Beranda Berita Penembakan di Kedutaan Besar Israel di Yordania, 2 Orang Tewas

Penembakan di Kedutaan Besar Israel di Yordania, 2 Orang Tewas

BERBAGI
Polisi Yordania menjaga Kedutaan Besar Israel/reuters.com

AMMAN, AHAD.CO.ID – Dua warga Yordania tewas paska penembakan di kompleks kedutaan Israel di Yordania, Ahad, (23/7). Sumber keamanan menyebutkan, seeorang polisi Israel ikut terluka akibat penembakan tersebut.

“Dua orang tersebut bekerja untuk perusahaan furniture dan sedang melakukan perbaikan di kompleks kedutaan sebelum penembakan itu terjadi,” kata Polisi Yordania yang tidak disebutkan namanya, Ahad, (23/7).

Kepolisian Yordania tidak melakukan identifikasi atas orang-orang Israel yang terluka pada insiden tersebut. Israel melarang untuk melaporkan insiden tersebut dan memberikan komentar publik. Sebuah pernyataan menyebutkan, Polisi Yordania telah menutup kompleks kedutaan Israel, dan mengerahkan sejumlah pasukan militer anti-terorisme.

“Kami telah memulai penyelidikan skala besar terkait insiden tersebut, dan memerintahkan Jaksa Agung untuk untuk memeriksa semua rinciannya,” ungkap Polisi Yordania, dalam pernyataan tersebut. “Kami akan memeriksa dua orang Yordania yang masuk kompleks itu terlebih dahulu.”

Baca juga :   Jokowi: Jangan Sampai Pasar Syariah Dimanfaatkan Negara Lain

Kompleks Kedutaan Besar Israel selama ini dijaga oleh militer Yordania. Tempat ini menjadi pusat demonstrasi anti-Israel, saat terjadi kekacauan di wilayah Palestina. Sebelumnya, jarang terjadi kekerasan terhadap orang-orang Israel di Yordania. Negara tersebut memiliki perjanjian damai dengan Israel.

Ketegangan antara kedua negara meningkat paska Israel memasang detektor logam di pintu masuk Masjid Al-Aqsa. Yordania menyerukan pemindahan detektor logam tersebut. Ribuan orang juga turut dalam aksi massa memprotes tindakan Israel pada Palestina.

REUTERS | FARA V SYAHRINI