Beranda Ekonomi Ketua MUI: Ekonomi Nasional Harus Ditopang Kuat Ekonomi Umat

Ketua MUI: Ekonomi Nasional Harus Ditopang Kuat Ekonomi Umat

BERBAGI
Diskusi ekonomi syariah dalam rangka milad MUI ke-42/ist

Jakarta, AHAD.CO.ID – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin menyatakan, ekonomi nasional ke depannya harus ditopang kuat oleh ekonomi umat. Hal itu disampaikan pada pidatonya dalam Diskusi Panel “Peran Ekonomi Syariah Dalam Arus Baru Ekonomi Indonesia” di Jakarta, Senin, (24/7).

“Jangan seperti sebelumnya yang hanya ditopang oleh segelintir konglomerat,” kata Kyai Ma’ruf.

Beliau menyebutkan, kehadiran komitmen pemerintah menunjukkan kesungguhan dalam upaya mendorong percepatan tumbuh kembangnya ekonomi syariah, yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai arus baru ekonomi Indonesia. Hal ini juga merupakan momentum perubahan paradigma ekonomi.

“Kalau semula lebih banyak menggunakan pendekatan top-down, di masa mendatang akan didorong pendekatan bottom-up,” tambahnya.

Kyai Ma’ruf mengharapkan pemerintah dapat secara intensif membenahi beberapa peraturan yang dinilai menjadi faktor penghambat kebijakan tersebut. Apabila komitmen pemerintah dapat berjalan mulus, beliau menambahkan, maka dapat dipastikan Indoensia akan menjadi pemain sekaligus pasar ekonomi syariah yang memiliki prospek cerah.

Baca juga :   Tren Berubah, BRI Turunkan Persediaan Uang Tunainya Pada Lebaran 2017

“Indonesia menjadi potential market dengan jumlah penduduk muslim yang besar, karena ekonomi syariah juga memberikan manfaat ekonomi bagi pelakunya,” tutup Kyai Ma’ruf.

FARA V SYAHRINI