Beranda Berita Menkumham Segera Umumkan Pencabutan Status Hukum HTI

Menkumham Segera Umumkan Pencabutan Status Hukum HTI

BERBAGI
Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto menggelar konferensi pers mengenai Peraturan Pemerintah No 2 tahun 2017 tentang Ormas/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kementerian Hukum dan HAM akan mengumumkan pencabutan status hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang langsung diumumkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Menurut agenda Kemenkumham, pengumuman pencabutan status badan hukum HTI itu akan dilakukan di Gedung di Kementerian Hukum dam HAM, Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7) sekitar pukul 10.00 WIB. Demikian tulis Antara.

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Perppu tersebut mengatur tentang pembubaran ormas yang dinilai bertentangan dengan Pancasila.

Sebelumnya, Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menyatakan pihaknya secara resmi sudah mendaftarkan permohonan pengujian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No.2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sudah dapatkan permohonan pengujian Perppu Nomor 2 Tahun 2017 kepada MK atas nama pemohon adalah HTI,” ujar Yusril di Gedung MK Jakarta, Selasa (18/7).

Baca juga :   Komnas HAM: Jangan Ada Pelanggaran HAM oleh Pengembang Meikarta

Yusril mengatakan HTI sebagai satu badan hukum publik mengajukan permohonan ke MK untuk menguji beberapa pasal maupun keseluruhan dari ketentuan dalam Perppu Ormas tersebut.

“Kami anggap seluruhnya bertentangan dengan UUD 1945,” ujar Yusril.

Oleh sebab itu, HTI selaku pemohon, meminta kepada MK untuk membatalkan seluruh Perppu Nomor 2 Tahun 2017, atau setidaknya beberapa pasal yang terdapat di dalamnya yang dianggap bertentangan dengan UUD 1945.

DAMAR AH | DANIEL AMRULLAH