Beranda Berita Imam Masjid Al Aqsa Ditembak Israel Usai Pimpin Salat Jamaah

Imam Masjid Al Aqsa Ditembak Israel Usai Pimpin Salat Jamaah

BERBAGI
Sumber gambar: Anadolu Agency

Al Quds, AHAD.CO.ID- Imam dan pemimpin spiritual Masjid Al-Aqsa, Syeikh Ikrima Sabri, terluka akibat tembakan peluru karet oleh polisi Israel, Selasa (18/7) waktu setempat.

Syeikh Ikrima baru saja selesai memimpin salat ketika polisi Israel berusaha untuk membubarkan paksa warga Al Quds yang sedang salat berjamaah di depan gerbang Masjid Al-Aqsa. Tindakan ini menyebabkan banyak orang terluka, beberapa di antaranya mengalami luka serius. Demikian menurut Bulan Sabit Merah Palestina.

“Syeikh Ikrima dibawa ke Rumah Sakit Al Maqassid di Yerusalem timur,” kata sebuah pernyataan.

Menteri Agama Turki, Mehmet Gormez mengecam keras serangan tersebut dalam sebuah pernyataan di Twitter, Rabu (19/7).

“Insiden yang terjadi di Masjid Al-Aqsa dan sekitarnya membuat kita sangat khawatir. Tapi saya percaya penduduk Palestina tidak akan membiarkan Al-Aqsa memiliki takdir yang sama dengan Masjid Al-Khalil,” dia menulis sehubungan dengan pembantaian tahun 1994 di Masjid Al Khalil, Hebron dimana 30 peziarah Muslim dibunuh oleh seorang teroris Yahudi kelahiran AS.

Baca juga :   Kemenag: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Kajian Islam Dunia

Penembakan terhadap Syeikh Ikrima terjadi hanya beberapa jam setelah Rafaat al-Herbawi, 30, tewas dalam demonstrasi di masjid Al-Aqsa. Ketegangan meningkat di Tepi Barat setelah Israel memasang detektor logam di pintu masuk Al-Aqsha karena baku tembak dengan pejuang Palestina pada Jumat (14/7) yang membuat lima orang tewas.

Menurut Badan Pemantau Palestina, lebih dari 300 warga Palestina telah terbunuh dalam bentrokan dengan pasukan Israel sejak Oktober 2015.

ANADOLU AGENCY | DUDY SYA’BANI TAKDIR