Beranda Ekonomi Rumah Zakat Peringati Hari Anak Nasional di Desa Panggungharjo

Rumah Zakat Peringati Hari Anak Nasional di Desa Panggungharjo

BERBAGI
Dokumentasi Rumah Zakat

Yogyakarta, AHAD.CO.ID- Rumah Zakat bekerjasama dengan Cita Sehat mengajak anak-anak Desa Panggungharjo peringati Hari Anak Nasional. Berbagai kegiatan dalam memelihara Kebun Gizi menjadi aktivitas yang dilakukan anak-anak berusia 7 hingga 13 tahun di Sorowajan, Pedukungan Glugo Desa Panggungharjo. Sebanyak 20 anak mengikuti aktivitas berkebun dalam memperingati Hari Anak Nasional, Ahad (16/7).

Lahan seluas 32 meter menjadi tempat menyenangkan untuk berkebun bagi anak-anak yang hadir. Aktivitas mereka diantaranya membersihkan area kebun gizi, menanam dan penyuluhan tentang pentingnya kebun gizi serta bercocok tanam. Adapun acara menanam yang dilakukan oleh anak-anak diantaranya menanam sayuran, terong, Lombok dan buah papaya. Sedangkan penyuluhan mengenai kebun gizi disampaikan oleh Alfian, Public Health Cita Sehat Yogyakarta.

“Selain edukasi serta penanaman sayuran, kami beserta anak-anak juga sepakat membuat jadwal piket jaga Kebun Gizi. Mereka bertugas membersihkan dan merawat Kebun Gizi bergantian setiap harinya dan pada Hari Minggu diadakan kerja bakti seperti ini lagi, ” papar Alfian kepada Tim Rumah Zakat yang hadir.

Baca juga :   BRISyariah Sukses Kelola Sukuk Negara

Alfian juga menambahkan bahwa pembuatan jadwal piket Kebun Gizi ini merupakan upaya membentuk kader Kebun Gizi anak-anak sebagai regenerasi agar mereka memahami pentingnya peran Kebun Gizi dalam pemenuhan nutrisi masyarakat.
“Terima kasih untuk Rumah Zakat dan Cita Sehat sudah mendampingi, untuk bersih-bersih kebun dan menanam sayur bersama. Saya akan rawat sayurannya sampai memanennya nanti,” ujar Nantan peserta berusia 12 tahun.

Memberikan kegiatan positif seperti berkebun menjadi salah satu kegiatan yang baik bagi anak-anak, selain menambah wawasan dan keberanian untuk beraktivitas di luar rumah keterampilan verbal mereka juga dapat terasah dengan baik.

DUDY SYA’BANI TAKDIR