Beranda Berita AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah

AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah

BERBAGI

Berlin, AHAD.CO.ID- Amerika Serikat (AS) dan Rusia sepakat melakukan gencatan senjata di Suriah barat daya. Gencatan senjata mulai berlaku Ahad (9/7) siang.

Kesepakatan dua negara kekuatan dunia itu adalah upaya internasional terbaru untuk perdamaian dalam perang enam tahun di Suriah.

Amerika Serikat, Rusia dan Yordania mencapai gencatan senjata dan “kesepakatan de-eskalasi” dengan tujuan membuka jalan bagi gencatan senjata yang lebih luas dan lebih kuat.

Pengumuman tersebut muncul setelah sebuah pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20, saat negara-negara ekonomi utama berumpul di Jerman.

Beberapa kesepakatan gencatan senjata sebelumnya telah runtuh sejak permulaan konflik.

Dengan bantuan kekuatan udara Rusia dan milisi yang didukung Iran, pemerintah Presiden Suriah Bashar Al-Assad telah mengungguli kelompok oposisi selama setahun terakhir.

Zona deeskalasi di barat daya Suriah mencakup provinsi Daraa yang perbatasan dengan Yordania dan Quneitra yang berbatasan dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Baca juga :   Perjalanan Humanity Food Truck Singgah di Kota Hujan

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri yang terlibat dalam pembicaraan tersebut mengatakan, diskusi lebih lanjut diperlukan untuk memutuskan aspek penting dari kesepakatan tersebut, termasuk siapa yang akan memantau tegaknya zona deeskalasi.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, kesepakatan tersebut mencakup mengamankan akses kemanusiaan dan membuat kontak antara oposisi di wilayah tersebut dan sebuah pusat pemantauan yang sedang didirikan di ibu kota Yordania.

ARAB NEWS | DANIEL AMRULLAH