Beranda Berita Din Syamsuddin Nilai Pernyataan Menag Tentang Rohis Tak Mendidik

Din Syamsuddin Nilai Pernyataan Menag Tentang Rohis Tak Mendidik

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin memberikan kritik terhadap pernyataan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin agar aktifitas Kerohanian Islam (Rohis) di sekolah-sekolah diawasi. Menurut Din, pernyataan Menag dinilai kurang mendidik.

“Seharusnya Menag berterima kasih kepada Rohis di sekolah-sekolah yang selama ini berjasa ikut membina kerohanian siswa. Dalam keadaan kekurangan guru agama seperti selama ini, Rohis telah berperan mengisi kekosongan itu,” kata Din, Sabtu (8/7).

Lebih lanjut menurutnya, Kegiatan Rohis di sekolah tingkat menengah berjasa membina pemahaman keagamaan siswa sekaligus membentuk akhlak generasi muda.

“Mungkin ada Rohis yang tidak atau belum benar, itu tugas Kemenag untuk membinanya. Mengeneralisasi sesuatu itu berbahaya,” tambahnya.

Kemenag menurut Din harus berbuat lebih untuk membantu pembinaan kerohanian di sekolah umum maupun sekolah agama swasta. Jangan malah bertindak represif.

“Jangan karena tidak berbuat apa-apa justru mau mengawasi,” katanya.

Sebelumnya pada acara Halal bihalal di kantor Kementerian Agama, Jumat (7/7), Menag meminta para kepala madrasah untuk memberikan perhatian khusus kepada kegiatan keagamaan seperti kegiatan Rohis. Menurut Menag langkah itu dapat mencegah penyebaran pemahaman radikal.

Baca juga :   Akibat Serangan Sinai, Mesir Kembali Menutup Perbatasan Rafah-Gaza

“Jadi saya harap ini menjadi kesepakatan bersama kita, kepala sekolah, guru-guru harus memberikan perhatian lebih agar siswa-siswi kita tidak mendapatkan ceramah yang justru bertentangan dengan agama,” kata Menag.

Pada Selasa (4/7) Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memita pengelola sekolah tingkat SMP maupun SMA mengawasi berbagai kegiatan organisasi Rohani Islam (Rohis) agar tidak dimanfaatkan oknum tertentu untuk menyebarkan ideologi radikal.

DAMAR AH | DANIEL AMRULLAH