Beranda Berita Rombongan Wartawan Cina: Istiqlal Masjid Terindah di Asia Tenggara

Rombongan Wartawan Cina: Istiqlal Masjid Terindah di Asia Tenggara

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Direktur Divisi Informasi dan Kehumasan ASEAN-China Center (ACC), Vithit Powattanasuk menilai Istiqlal sebagai masjid terindah di Asia Tenggara. Mereka dipandu oleh petugas masjid, yang menjelaskan sejarah masjid tersebut, termasuk setiap bagian yang terdapat di masjid megah berarsitektur modern itu.

“Sungguh masjid yang sangat indah di Asia Tenggara,” katanya saat mengunjungi Masjid Istiqlal bersama tujuh perwakilan media Cina, serangkaian kunjungannya ke Jakarta pada 3-6 Juli 2017.

ACC rutin mengundang media ASEAN untuk mengunjungi salah satu daerah di Cina secara bergiliran, dan media Cina untuk mengunjugi salah satu negara ASEAN, secara bergiliran pula.

Pada 2017, ACC memfasilitasi media Cina untuk berkunjung ke Indonesia dan Filipina sebagai Ketua ASEAN tahun ini.

Selama berada di Jakarta, ACC dan tujuh perwakilan media China mengunjungi beberapa tempat wisata antara lain Kepulauan Seribu, dan beberapa museum serta peninggalan bersejarah seperti Masjid Istiqlal.

“Kunjungan ini pun untuk mempererat kerja sama pariwisata, meningkatkan saling pengertian antarmasyarakat kedua bangsa. Apalagi, 2017 merupakan tahun kerja sama pariwisata ASEAN, sekaligus 50 tahun ASEAN,” tuturnya.

Wartawati harian berbahasa Inggris di Cina, “Global Times”, Shen Jinxin mengatakan, kunjungan ke Jakarta, merupakan perjalanan yang mengesankan. “Ini kunjungan pertama saya ke Indonesia, khususnya Jakarta. Selama berada di Jakarta, banyak obyek menarik, seperti Kepulauan Seribu,” katanya.

Baca juga :   Respon Kondisi Saudi Terkini, Dubes Osama Gelar Pertemuan di Jakarta

Jinxin menambahkan, di sana (Kepulauan Seribu-red), pasirnya putih, airnya bening. “Sehingga kita bisa melihat apa yang berada di bawah permukaan air. Udaranya enak. Sungguh mengesankan,” ujarnya.

Ia berharap, dapat berkunjung lagi ke Indonesia, melihat destinasi wisata lainnya di daerah lain. “Saya tahu Indonesia banyak memiliki tempat indah untuk dikunjungi, dan saya berharap bisa kembali ke Indonesia,” tutur Jinxin.

Hal senada diungkapkan pewarta Jiangxi Radio and Television Dong Yan. “Ini kunjungan kali pertama saya ke Indonesia, termasuk Jakarta. Dan ini merupakan perjalanan yang mengesankan. Saya belajar menyelam, bisa berenang dengan menyenangkan. Semoga ada kesempatan lain, untuk saya kembali ke Indonesia,” katanya.

ANTARA | DANIEL AMRULLAH