Beranda Gaya Hidup Berperahu Menyusuri Sungai Amazon Indonesia

Berperahu Menyusuri Sungai Amazon Indonesia

BERBAGI
Susur Sungai Kahayan/lihat.co.id

Palangkaraya, AHAD.CO.ID – Berada di Provinsi Kalimantan Tengah, Sungai Kahayan sering disebut-sebut Amazon-nya Indonesia. Panjangnya mencapai lebih 250 km dan lebar 500 m, Sungai ini membelah kota Palangkaraya dengan airnya yang jernih dan suasana yang masih alami.

Menyusuri sungai ini dengan perahu seakan melihat sisi tersembunyi Indonesia yang tidak dapat dinikmati di tempat lain. Hutan bakau di tepian sungai menyejukkan mata dan membuat udara terasa segar. Aneka pohon kayu khas Kalimantan juga dapat ditemui di sepanjang sungai.

Di sisi sungai ini terdapat tempat konservasi orangutan Nyaru Menteng. Meski namanya konservasi orangutan, bukan orangutan saja yang hidup di tempat ini. Menjumpai monyet abu-Abu, lutung, dan bekantan yang menghuni kawasan konservasi ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang sulit dilupakan.

Orangutan di kawasan konservasi/kompas.com

Satu hal menarik lainnya dari menyusuri sungai ini dengan perahu adalah peradaban suku Dayak yang bermukim di tepian Kahayan. Rumah-rumah apung sederhana, perahu kelotok, dan aktivitas penduduk menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Sisa-sisa peninggalan leluhur pun ada di sini, seperti tiang untuk mengikat hewan persembahan saat upacara kematian, juga tempat mengumpulkan tulang-tulang orang Dayak.

Baca juga :   Bercadar Tapi Stylish, Kenapa Tidak

Susur Sungai kini menjadi salah satu wisata unggulan di Palangkaraya. Aneka rute ditawarkan untuk menyusuri sungai ini, mulai dari rute pemancingan yang menyasar kaya ikan, rute wisata yang menyediakan pilihan atraksi alami burung Elang atau orangutan, juga rute yang dapat dipilih sendiri oleh wisatawan.

Tertarik menyusuri Amazon-nya Indonesia?

Kapal Wisata Susur Sungai Kahayan/centralborneo.net

Paket hemat wisata ini dibanderol dengan harga Rp. 75.000,- per orang. Wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan perahu kelotok. Pengelola wisata ini juga menyediakan kapal wisata yang memadukan konsep tradisional dan modern dengan fasilitas tempat tidur, kamar mandi, ruang makan, dapur, hingga perpustakaan. Harga yang ditawarkan juga sebanding dengan fasilitasnya.

FARA V SYAHRINI