Beranda Berita Saudi Menolak Disebut Blokade Qatar

Saudi Menolak Disebut Blokade Qatar

BERBAGI
Duta Besar Arab Saudi untuk Turki, Walid bin Abdulkarim Al-Khuraiji/egypttoday.com

Ankara, AHAD.CO.ID – Duta Besar Arab Saudi untuk Turki, Walid bin Abdulkarim Al-Khuraiji menyatakan, tindakan yang diambil negaranya terhadap Qatar bukanlah sebuah blokade, dan hanya bersifat politis.

“Sebuah blokade tunduk pada resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, namun memutuskan hubungan adalah hak kedaulatan masing-masing negara untuk melindungi keamanan nasionalnya,” kata Al-Khuraiji, Ahad, (2/7).

Ia menegaskan, sikap Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Qatar hanyalah upaya melindungi diri dan tidak terkait dengan masalah militer. Saudi sama sekali tidak menargetkan kedaulatan Qatar.

“Kami berprinsip untuk melindungi Qatar dan membiarkannya melakukan politik. Tapi, tindakan Qatar mengancam keamanan tetangganya dan negara-negara lain di kawasan ini,” tambahnya.

Arab Saudi termasuk dalam lima negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar sejak 5 Juni lalu, dan melakukan blokade darat, laut, dan udara. Negara-negara tersebut menuduh Qatar mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan mendukung kelompok terorisme. Qatar menolak keras tuduhan itu dan menegaskan tindakan blokade tersebut melanggar hukum internasional.

Baca juga :   Lafran Pane Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

“Kami peduli Qatar dan rakyatnya, kami saling memiliki satu sama lain. Cepat atau lambat, krisis ini akan diselesaikan dan hubungan kita akan kembali ke jalur semula, “tutupnya.

ANADOLU | FARA V SYAHRINI