Beranda Gaya Hidup Padang Mangateh, New Zealand di Ranah Minang

Padang Mangateh, New Zealand di Ranah Minang

BERBAGI
Padang Mangateh/Kaskus

Payakumbuh, AHAD.CO.ID- Indonesia rupanya punya peternakan sapi yang tak kalah hebat dengan New Zealand alias Selandia Baru. Namanya Padang Mangateh. Peternakan sapi seluas 280 hektar ini berlokasi di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Memiliki padang rumput yang sangat luas, dengan ribuan sapi yang dilepas di alam bebas membuat Padang Mangateh sering disebut New Zealand di Sumatera Barat. Tak berlebih memang, karena dengan pemandangan yang luar biasa, untuk sesaat kita akan dibuat lupa bahwa masih berada di Indonesia.

Sempat menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara pada tahun 1955 silam, peternakan Padang Mangateh sudah ada sejak 1916, warisan kolonial Belanda. Pada masa kejayaannya, tidak hanya sapi yang dipelihara, tapi juga kuda, kambing hingga ayam.

Sejak April 2012, Padang Mangateh diberikan nama lengkap oleh pemerintah pusat dengan sebutan Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang Mangateh di bawah Kementerian Pertanian. Wilayah kerjanya meliputi seluruh propinsi di Indonesia loh, sehingga ternaknya hanya sapi dengan jumlah mencapai 1250 ekor dari tiga jenis, yakni simental, limosin dan sapi pesisir (sapi lokal).

Padang Mangateh/Deendaily

Berkunjung ke Padang Mangateh, pengunjung akan merasakan iklim yang cukup sejuk, berkisar antara 18-28’C. Jadi jangan lupa memakai jaket ya, karena Padang Mangateh ada di 900 meter di atas permukaan laut itu artinya cukup dingin. Ditambah dengan latar belakang pemandangan Gunung Sago, dijamin pengunjung tidak ingin buru-buru pulang.

Baca juga :   Sineas Muslim Bergerak Luruskan Film "Kau Adalah Kau yang Lain"

Sejauh mata memandang, pengunjung hanya akan menemukan savana dengan sapi-sapi yang tampak santai mencari makan. Padang Mangateh seringkali dipadati di akhir pekan, karena awalnya bukan sebagai tempat wisata, ada baiknya kalau ingin berswa-foto tidak perlu dengan gaya yang terlalu heboh, kasihan nanti sapi-sapinya jadi kaget.

Bahkan karena kebanjiran pengunjung yang tidak memiliki sensitivitas terhadap lingkungan, Padang Mangateh sempat ditutup beberapa bulan di akhir tahun 2015 loh, sayang kan?

Menuju ke Padang Mangateh tidak terlalu sulit. Jaraknya hanya sekitar 2 KM dari Jalan Raya yang menghubungkan Payakumbuh- Lintau. Lokasinya berada di Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. Sesampai di sana, akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan menuju lokasi.

Oh iya, jangan lupa bawa bekal dari rumah, Karena bukan tempat wisata, maka tidak ada pedagang di Padang Mangateh. Jangan lupa, tetap jaga lingkungan ya, buang sampah pada tempatnya, dan berfoto lah sewajarnya. Selamat liburan!

DUDY SYA’BANI TAKDIR