Beranda Fashion Ini Pilihan Cincin Kawin Bagi Pria Muslim

Ini Pilihan Cincin Kawin Bagi Pria Muslim

BERBAGI
Ilustrasi/AHAD.CO.ID

AHAD.CO.ID- Jika seorang wanita muslim dapat mengenakan perhiasan yang terbuat dari beragam material, pria muslim tidak dapat melakukan hal serupa.

Jauh-jauh hari Baginda Nabi Muhammad SAW sudah melarang pria muslim untuk mengenakan emas dan sutra, seperti sabda beliau:

“Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria.” (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392)

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”
(HR. Bukhari no. 5863 dan Muslim no. 2089)

Dengan alasan kedua hadits itulah dalam Islam, pria tidak diperbolehkan menggunakan emas untuk alasan apapun, termasuk untuk momen penting seperti pernikahan.

Meski begitu, pria muslim tetap dapat mengenakan cincin kawin di hari pernikahan, dari material selain emas.

Setidaknya ada dua material selain emas yang dapat digunakan untuk cincin kawin. Dua material ini kualitasnya pun tidak kalah dengan emas, dan tentunya cocok digunakan pada momen spesial seperti pernikahan.

Silver dan paladium, dua material pengganti emas ini belakangan semakin populer dan banyak dicari oleh masyarakat. Alasannya karena banyak pria muslim yang membutuhkan cincin kawin yang bukan emas.

Selain itu, fakta bahwa harga cincin kawin atau perhiasan yang terbuat dari silver dan paladium lebih terjangkau dari cincin kawin atau perhiasan emas, semakin membuat kedua material tersebut menjadi hot items bagi bride wannabe

Belum sepenuhnya yakin bahwa silver dan paladium tidak kalah kualitasnya dari emas? Well, silakan baca fakta berikut:

Baca juga :   Asia Islamic Fashion Week 2017 digelar di Kuala Lumpur

1. Sterling Silver 925 merupakan standar tertinggi dalam industri perhiasan perak dan telah menjadi standar internasional. Sterling Silver 925 didapat dari hasil pencampuran 92,5% silver murni dengan 7,5% tembaga. Kualitas Sterling Silver 925 tidak perlu diragukan lagi.

2. Paladium memiliki titik didih dan kontur yang lebih padat dari emas.

3. Perawatan cincin kawin paladium atau perhiasan paladium lebih mudah.

4. Harga cincin kawin paladium lebih murah dari harga cincin kawin emas.

5. Cincin kawin paladium dan perhiasan paladium tahan dari noda hitam akibat oksidasi. Hal ini membuat cincin kawin paladium dan perhiasan paladium tidak mudah menghitam.

6. Warna asli cincin kawin paladium dan perhiasan paladium tidak mudah memudar. Cincin kawin paladium dan perhiasan paladium lebih tahan lama!

Dengan rentetan fakta di atas, sudah sewajarnya kamu nggak perlu ragu lagi memilih cincin kawin silver atau cincin kawin paladium untuk melengkapi hari pernikahan.

Lagipula, siapa yang butuh cincin kawin emas jika pada akhirnya bisa mendapat cincin kawin dengan kualitas yang tidak kalah bagus dan dapat dibeli dengan harga yang lebih terjangkau?

DANIEL AMRULLAH