Beranda Gaya Hidup Menghabiskan Liburan di Destinasi Wisata Alam Jakarta

Menghabiskan Liburan di Destinasi Wisata Alam Jakarta

BERBAGI
Hutan Mangrove Muara Angke/nulisajayuk.blogspot.com

Jakarta, AHAD.CO.ID Jakarta identik dengan kota metropolitan yang dihiasi gedung tinggi menjulang. Objek wisata di Jakarta pun seakan tak lepas dari taman hiburan, kolam renang, dan pusat perbelanjaan. Di samping semua itu, ternyata Jakarta juga menyimpan destinasi wisata alam yang menarik, menenangkan, dan tentu saja indah.

Setu Babakan

Gerbang masuk Setu Babakan/lembagakebudayaanbetawi.com

Berada di ujung Jakarta, tepatnya di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Setu Babakan menyajikan danau seluas 30 hektar sebagai suguhan utamanya. Melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 92 tahun 2000, Setu Babakan difungsikan sebagai kawasan pelestarian budaya Betawi. Tak heran jika di sekitarnya banyak didapati pedagang makanan khas Betawi seperti Kerak Telor, Toge Goreng, dan Bir Pletok.

Sejuknya taman di area Setu Babakan tak lepas dari keberadaan aneka pepohonan, seperti Kecapi, Jamblang, Cimpedak, dan Jengkol. Setu yang difungsikan sebagai penampungan air resapan bagi warga Jakarta ini juga berdiri rumah-rumah khas Betawi.

Hutan Mangrove Muara Angke

Hutan Mangrove Muara Angke/nulisajayuk.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini berada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, tepatnya di belakang Tzu Chi Center. Sesuai namanya, Hutan Mangrove, tempat ini menyuguhkan pohon-pohon mangrove, yang beberapa di antaranya ditanam oleh perusahaan sebagai wujud partisipasi mencegah abrasi laut di utara Jakarta.

Untuk mengitari kawasan, pengunjung dapat menyewa perahu dayung atau perahu boat. Ada juga jalan setapak yang terbuat dari bambu untuk pengunjung yang ingin mengitari kawasan yang cukup luas ini dengan berjalan kaki.  Jangan khawatir, pihak pengelola sudah menyiapkan tempat-tempat duduk untuk beristirahat.

Baca juga :   Muhibbah ke Masjid-Masjid di Benua Biru; Al Iman Moskeija, Helsinki

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng/spothood.com

Dahulu, tempat di wilayah Srengseng, Jakarta Barat ini merupakan tempat pembuangan akhir sampah. Namun, pemerintah DKI Jakarta mengubahnya menjadi Ruang Terbuka Hijau dengan cara menguruk timbunan sampah dengan tanah. Hasilnya adalah sebuah hutan kota yang sejuk, asri, dan nyaman. Melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta nomor 202 tahun 1995, tempat ini dikukuhkan menjadi Hutan Kota.

Berada di area seluas 15 hektar, Hutan Kota Srengseng menyajikan rimbunnya pepohonan, dengan jalan setapak ber-conblock yang saling terhubung. Hutan Kota ini semakin lengkap dengan keberadaan danau dan sebuah “pulau” kecil di tengahnya. Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu dengan memancing di tempat ini.

Ke mana destinasi wisata Anda liburan kali ini?

FARA V SYAHRINI