Beranda Berita Keluarga: Ustaz Daud Rasyid Ditangkap Seperti Kriminal

Keluarga: Ustaz Daud Rasyid Ditangkap Seperti Kriminal

BERBAGI
Sumber Gambar: Muslimdaily.net

Jakarta, AHAD.CO.ID – Imam Masjid Indonesia Al Hikmah di New York, ustaz Daud Rasyid ditangkap, Kepolisian Imigrasi Amerika Serikat (ICE), dengan tuduhan radikalisme, Senin, (19/6).

Penangkapan terjadi di masjid Al-Hikmah, masjid yang sekaligus menjadi tempat tinggal Ustaz Daud di New York. Berdasarkan undang-undang di Amerika Serikat, seseorang yang dituduh radikal harus ditahan terlebih dahulu, dan tuduhan tersebut akan dibuktikan di pengadilan.

Saat proses penangkapan terjadi, Ustaz Daud Rasyid seorang diri. Melihat sekelompok orang dan polisi yang mendatanginya, dan kondisi masjid yang kisruh selama bertahun-tahun, Ustaz Daud melarikan diri karena mengira akan dipukuli di situ. Polisi yang melihatnya lari menyangka kalau ia benar-benar bersalah.

“Polisi, kalau melihat orang lari, pasti berpikir orang itu bersalah. Ustaz Daud ditangkap secara kasar seperti di film-film; dijatuhkan ke tanah sampai luka, mukanya biru, kakinya luka-luka. Seperti kriminal,” tutur putra Ustaz Daud, Usamah, pada AHAD.CO.ID, Selasa, (27/6) melalui sambungan telepon. Ia menambahkan, “Saya tahunya beberapa hari kemudian setelah Ustaz Daud ditangkap.”

Pihak keluarga akan meminta keadilan untuk Ustaz Daud terkait kasus ini. KJRI di New York telah memanggil pihak Ustaz Shamsi Ali untuk mengurus kepulangan Ustaz Daud ke Indonesia, dan akan difasilitasi. Namun, hal itu mengundang konsekuensi, Ustaz Daud Rasyid tidak dapat kembali ke Amerika karena Ustaz Daud keluar dalam status dideportasi, juga tidak dapat mengikuti pengadilan.

Baca juga :   Puluhan Balita Ghouta Korban Senjata Kimia Assad Meninggal

“Saya lebih setuju Ustaz Daud bersabar dan mengikuti pengadilan. Tapi, Ustaz Daud mau pulang saja. Ini beban bagi Ustaz. Dia kaget, syok, karena tidak pernah ditahan sebelumnya,” lanjut Usamah.

Pihak keluarga berencana menempuh proses hukum dengan melapor ke Bareskrim Polri. Namun, proses tersebut masih menunggu kepulangan Ustadz Daud dari New York.

“Rencananya Ustaz Daud pulang hari ini atau besok,” pungkasnya.

FARA V SYAHRINI