Beranda Gaya Hidup Wow, Rekor Kecepatan Download 5G Turkcell Mencapai 70 Gbps

Wow, Rekor Kecepatan Download 5G Turkcell Mencapai 70 Gbps

BERBAGI
Ilustrasi

Kamis, AHAD.CO.ID- Operator seluler terkemuka Turki, Turkcell, bekerjasama dengan produsen smartphone China, Huawei, melakukan uji kecepatan gelombang 5G. Hasilnya, kecepatan download di jaringan tersebut mencapai 70 Gbps.

“Sesuatu yang sulit dicapai dengan teknologi saat ini,” tulis Turkcell dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari laman Anadolu, Jum’at, (16/6).

Wakil Direktur Turkcell bidang General Network’ Gediz Sezgin, menyebut hasil tes ini sebagai terobosan di bidang telekomunikasi. Presiden Huawei R & D Wireless Networks Ying Weimin menambahkan, mereka senang menggunakan teknologi untuk memperbaiki kehidupan.

Turkcell telah melakukan tes kecepatan jaringan 5G pertama pada 11 Januari 2016, bekerjasama dengan Ericsson, yang berbasis di Stolkhom. Hasil yang didapat saat itu adalah 24,7 Gbps.

Baca juga :   NTB Gelar Bedah Buku Potensi dan Tantangan bagi Pelancong Muslim

Perusahaan-perusahan tersebut telah bekerjasama selama dua tahun terakhir, sejak Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menandatangani kesepakatan dalam kunjungan resmi ke China. Mereka bekerjasama di bidang teknologi 4,5G dan 5G. Jaringan mobile berkembang menjadi 4,5G pada April 2016, dengan kecepatan lebih dari 10 kali lipat dibanding 3G.

Reporter: Fara V Syahrini
Editor: Dudy S Takdir