Beranda Gaya Hidup Berkunjung ke Taj Mahal di Utara Jakarta

Berkunjung ke Taj Mahal di Utara Jakarta

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Taj Mahal kini tak lagi hanya ada di India. Di Sunter, Jakarta Utara, terdapat masjid serupa Taj Mahal. Masjid itu bernama Masjid Ramlie Musofa.

Masjid yang didirikan 2011 ini didirikan oleh Ramli Rasidin, seorang haji keturunan Tionghoa. Dibangun di atas lahan seluas 2000 m² dan tinggi 35 meter, masjid ini terdiri dari 4 lantai dan dapat menampung sekitar 1000 jama’ah. Meski bangunannya bernuansa India, tulisan-tulisan di masjid ini menggunakan aksara Indonesia, Arab, dan Mandarin.

Lantai pertama masjid mengarah ke tempat wudhu. Tempat wudhunya didominasi warna hitam dengan tempat duduk di depan kran. Di dinding tangga menuju ruang salat, terdapat surah Al-Fatihah yang ditulis dengan warna emas di tembok granit hitam. Surah ini ditulis dalam tiga bahasa.

Lantai dua adalah ruang salat utama. Langit-langitnya yang tinggi membuat ruangan ini nyaman dan sejuk. Ruang salat ini dikhususkan untuk jama’ah laki-laki. Jama’ah wanita mendapat tempat di lantai tiga, yaitu ruang berupa balkon. Ruang salat utama terlihat dari tempat ini. Tak perlu khawatir akan lelah menaiki tangga, masjid ini sudah menyediakan lift dari basement hingga lantai 4, yang merupakan tempat untuk memandang keindahan arsitektur masjid ini.

Baca juga :   Mau Dapat Pahala Puasa Setahun? Ayo Puasa Syawal

Selain untuk beribadah, pendirian masjid yang berlokasi di tepi danau sunter ini juga bertujuan untuk membimbing para mualaf dan wisata religi.

Reporter: Fara V Syahrini
Editor: Dudy S Takdir