Beranda Berita Alhamdulillah, Kini Umat Islam Punya Pilihan Produk Kertas Bersertifikasi Halal

Alhamdulillah, Kini Umat Islam Punya Pilihan Produk Kertas Bersertifikasi Halal

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kebutuhan produk halal meliputi semua aspek kehidupan, tidak hanya pangan dan jasa keuangan. Tren konsumen Muslim tersebut dibaca oleh APP Sinar Mas. Perusahaan ini berinovasi mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal dalam kebijakan produksi kertas halal.

“Ini merupakan komitmen APP dalam menyediakan produk khusus bersertifikasi halal,” kata Citra Yulia, Product Manager of Color Paper and Indah Kita Stationery, dalam rilis yang diterima. AHAD.CO.ID, Ahad (11/6).

Sertifikat halal diperoleh APP Sinar Mas dari Majelis Ulama Indonesia. Penerapan Sistem Jaminan Halal (SJL) 23000 memastikan bahan baku di tiap produk sesuai prinsip syariah. Bahan baku produk halal APP Sinar Mas bebas dari kandungan unsur haram. Menurut Citra, ruang penyimpanan dan pengawasan kualitas perusahannya juga mematuhi SJL 23000.

Audit dilakukan berkala untuk menjamin pelaksanannya. Proses produksi dimulai dengan kordinasi lintas departemen. Tujuannya agar pelaksanaan produksi halal lancar. Bagian pengawasan kualitas, lanjut Citra, memantau kualitas produksi agar sesuai standard spesifikasi. Kemudian, tim audit mengevaluasi implementasi SJL secara bertahap.

Baca juga :   Forjim Ajak Publik Hormati Ulama dan Bijak dalam Bermedia Sosial

APP Sinar Mas juga mengirim perwakilan ke LPPOM MUI. Mereka akan mengkaji lebih dalam pentingnya implementasi halal dan mendapat sertifikasi auditor halal.

“Ilmu yang diperoleh bisa diimplementasikan secara saksama dalam pelaksanaan produksi,” papar Citra.

APP Sinar Mas sendiri menghasilkan beragam produk halal di setiap lini bisnis. Misalnya Quran Paper Product – Sinar Tech, kertas warna khusus untuk pencetakan Al- Quran. APP Sinar Mas juga berhasil menginisiasi standard halal pada unit produksi tisu multi guna tahun lalu. Merk seperti Paseo, Nice, Jolly, Toply, Livi dan Hyper sudah mengantongi sertifikasi halal. Produsen mana lagi yang akan menyusul?

Editor : Jennar Kiansantang