Beranda Berita Komnas HAM: Umat Islam Minta Rekonsiliasi Pemerintah dan Ulama

Komnas HAM: Umat Islam Minta Rekonsiliasi Pemerintah dan Ulama

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menyampaikan kepada Kemenko Polhukam aspirasi umat Islam. Lewat Komnas HAM, umat Islam meminta pemerintah dan sejumlah aktivis serta ulama melakukan rekonsiliasi.

“Komnas HAM selama ini melakukan pemantauan dan penyelidikan. Dalam penyelidikan itu tim advokasi komunitas muslim itu bilang mau melakukan rekonsiliasi dan perdamaian,” kata Pigai setelah ditemui Sesmenko Polhukam Letjen TNI Yayat Sudrajat di Kemenko Polhukam, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).

Menurutnya rekonsiliasi sangat penting untuk meredam kegaduhan yang terjadi.

“Kami minta Menko Polhukam menyampaikan kepada Presiden untuk mengambil langkah-langkah menyelesaikan secara komprehensif, untuk menutup kegaduhan nasional,” tambah Pigai.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Komnas HAM menghormati proses hukum yang sedang berjalan terkait sejumlah aktivis dan ulama. Tapi menurutnya Presiden Jokowi dapat menyelesaikan persoalan itu dengan non-yudisial.

Baca juga :   Soal Sukmawati, PUSHAMI Minta Polisi Tak Obral Restorative Justice

“Proses hukum akan terhenti bila Presiden mengambil keputusan, pengambilan keputusan diselesaikan non-yudisial ada di tangan Presiden. Seandainya Presiden ingin menyelesaikan secara komprehensif, maka Presiden bisa memerintahkan Polri dan Jaksa untuk menutup atau SP3 deponering di jaksa,” jelasnya.

Reporter: Ainul Yaqin
Editor: Daniel Amrullah