Beranda Berita Ngabuburit di Taplau Padang

Ngabuburit di Taplau Padang

BERBAGI
Foto: al (aminhistory)


Padang, AHAD.CO.ID-
Taplau, begitu pantai di kota Padang ini disebut. Memiliki nama resmi Pantai Padang, pantai ini persis berhadapan dengan Samudera Hindia, dengan garis pantai membentang dari Purus hingga Muara Batang Arau.

Meski tak memiliki wilayah berpasir yang luas, pantai ini merupakan tujuan wisata warga Padang, khususnya di bulan Ramadan. Menunggu Maghrib sambil duduk memandang laut lepas di bebatuan pemecah gelombang menjadi hal mengasyikkan di tempat ini. Hal menarik lainnya yang bisa didapatkan di sini adalah pemandangan matahari terbenam di ujung cakrawala yang indah.

Di daerah Purus, depan Cimpago, berdiri tugu IORA, atau Indian Ocean Rim Association. Uniknya, di tugu itu terdapat papan penunjuk arah dengan bermacam-macam nama negara anggota. Tugu ini menjadi tempat tujuan selfie menarik, terlebih di sore hari, saat matahari hampir terbenam.

Untuk berbuka puasa, makanan yang dijual di Taplau sangat beragam. Mulai dari Es Rumput Laut yang disajikan dengan es krim, hingga kerupuk kuah yang merupakan penganan khas ranah Minang. Para pedagang menjual dagangannya di tenda-tenda sepanjang Taplau.

Baca juga :   Semangat 212 adalah Tegaknya Syariat Islam

Sedangkan, di sekitar tugu IORA, penjual makanan dapat ditemui di LPC, Lapau Panjang Cimpago, yang terletak di seberang pantai. Bangunan ini terdiri dari dua tingkat, tingkat pertama untuk menjual makanan, dan sisi atas tempat pengunjung menyantap makanan sambil menatap laut. Aneka makanan tersaji di sini, dari penganan hingga makanan berat khas Padang, seperti Gulai Kepala Ikan.

Terletak persis di pinggir jalan kota Padang, Taplau mudah dijangkau dari manapun. Dinas Pariwisata Kota Padang bekerjasama dengan Satpol PP Kota Padang untuk menjamin keamanan Taplau. Masjid dan mushala juga mudah ditemukan di tempat ini.

Reporter : Fara V Syahrini
Editor : Beny Aprius