Beranda Gaya Hidup Muhibbah ke Masjid-Masjid di Benua Biru; Grand Mosque Paris

Muhibbah ke Masjid-Masjid di Benua Biru; Grand Mosque Paris

BERBAGI
Lanskap Grand Mosque Paris/Ruli Renata

Catatan Perjalanan Ruli Renata
Guru madrasah, backpaker, relawan ACT

AHAD.CO.ID- Matahari baru saja terbit, saya bergegas ke bahnhof (stasiun) diantar oleh Mas Fatah. Hari ini saya harus meneruskan agenda perjalanan menuju Paris. Sengaja saya memakai kereta Inter City Express (ICE) untuk efisiensi waktu dan ingin mencoba layanan transportasi darat antar negara.

Kereta yang bisa melaju dengan kecepatan 230 KM per-jam ini berangkat tepat pukul 07.58 waktu setempat. ICE memiliki ruang tempat duduk yang lapang dan nyaman di kelas 1 maupun di kelas 2 dan yang paling penting wifinya kencang #ups. Jarak 837 KM antara Braunschweig-Paris terlampaui hanya dalam waktu 7 jam. Semoga kita juga bisa punya kereta jarak jauh seperti ini, aamiin.

Swafoto di depan Inter City Express (ICE)/Ruli Renata

Sesampainya di Gare de l’Est (salah satu stasiun besar) di Kota Paris saya berhenti sejenak mencari lokasi Grand Mosque, juga mempelajari sistem kereta Kota Paris yang cukup rumit dibanding dengan negara negara lain di Eropa. Dari hasil gooling mengandalkan wifi gratis stasiun, menurut google untuk mencapai masjid saya harus menggunakan kereta platform 7 dan turun di Jussieu setelah itu jalan sekitar 650 meter. Berangkaaat!

Baca juga :   Praperadilan SP3 Ade Armando Masuk Tahap Pembuktian
Grand Mosque Paris tampak dari depan/Ruli Renata

Alhamdulillah, akhirnya saya sampai juga di masjid pertama Perancis yang dibangun pada tahun 1926. Masjid ini merupakan bentuk ucapan terima kasih pemerintah Perancis kepada 100.000 pejuang muslim yang tewas melawan pasukan Jerman dalam sebuah pertempuran yang berlangsung di daerah perbukitan utara Kota Vendun-sur-Meuse di wilayah bagian utara-timur Perancis pada 1916. Bahkan pada saat perang dunia ke-II, ketika Perancis diduduki oleh Jerman, di masjid inilah orang-orang Yahudi yang berjumlah lebih dari 600 orang berlindung.