Beranda Berita Inspiratif, Pemuda Asal Pekalongan Ini Berjalan Kaki Ke Mekah

Inspiratif, Pemuda Asal Pekalongan Ini Berjalan Kaki Ke Mekah

BERBAGI
Mochammad Khamim Setiawan, pemuda Pekalongan yang berjalan kaki untuk berhaji/Khaleej Times

Dubai, AHAD.CO.ID- Seorang pemuda Indonesia bernama Mochammad Khamim Setiawan (28 tahun) melakukan perjalanan ke Makah dari Kota Pekalongan di provinsi Jawa Tengah, Indonesia dengan berjalan kaki hampir setahun yang lalu.

Berbekal keyakinan penuh pada Allah SWT, dia memulai perjalanan lebih dari 9.000 km pada 28 Agustus 2016. Dengan beberapa kemeja, dua pasang celana dan sepatu, selusin kaus kaki, beberapa pakaian dalam, kantong tidur dan tenda, obor portabel, ponsel cerdas dan GPS.

Dalam perjalanannya, Khamim membawa satu ransel yang dihiasi bendera mini Indonesia, dan mengenakan baju yang berbunyi “I’m on my way to Mecca by foot“.

Menariknya, sarjana ekonomi dari Universitas Negeri Semarang dan mempunyai perusahaan kontraktor yang berkembang meninggalkan bisnisnya di Indonesia. Khamim memulai perjalanan dengan sedikit rupiah di sakunya. Lalu bagaimana dia memenuhi kebutuhan selama perjalanan?

Baca juga :   Hamas Ikut Berduka atas Meninggalnya Dokter Joserizal

“Saya tidak pernah meminta, tapi saya selalu bertemu orang yang memberi saya makanan dan bekal lainnya,” katanya bercerita kepada Khaleejtimes.

“Saya disambut di sebuah kuil Budha di Thailand, orang-orang desa di Myanmar memberi saya makan, saya belajar dan bertemu dengan ulama dari berbagai negara di masjid Jamaah Tabligh di India; dan saya berteman dengan pasangan Kristen Irlandia yang mengendarai sepeda di Yangon,” Khamim mengisahkan perjalanannya.

Sebelum memulai perjalanannya, Khamim menghabiskan dua pekan di sebuah hutan di provinsi Banten untuk pengkondisian fisik. Dia juga menghabiskan beberapa pekan di masjid untuk penguatan spiritual.