Beranda Berita Ini Isi Radiogram Rahasia Mendagri Tentang HTI

Ini Isi Radiogram Rahasia Mendagri Tentang HTI

BERBAGI
Sekretaris Umum FORJIM Muhammad Shodiq Ramadhan bersama Juru Bicara HTI, Muhammad Ismail Yusanto/AHAD.CO.ID-Beny Aprius

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kendati pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) baru sebatas rencana yang digulirkan pemerintah, namun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah melarang aktivitas HTI lewat kiriman radiogram.

Dalam surat berbentuk radiogram tertanggal 9 Mei 2017 yang ditunjukan Juru Bicara HTI, Muhammad Ismail Yusanto, Mendagri menginstruksikan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota agar melakukan deteksi dini, dan mengantisipasi terhadap setiap perkembangan yang mengarah pada terjadinya gangguan keamanan ketentraman dan ketertiban umum akibat dari pembekuan dan pembubaran HTI.

Surat berklasifikasi rahasia dengan nomor 220/2194/SJ itu ditujukan untuk gubernur di seluruh Indonesia, Bupati/Walikota di seluruh Indonesia, serta Kepala Kesbangpol Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Radiogram itu juga melarang segala bentuk kegiatan dan aktivitas HTI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Radiogram Mendagri tentang pelarangan kegiatan HTI/Dok. DPP HTI

“Dengan adanya radiogram rahasia ini, kami menilai Mendagri telah bertindak di luar hukum. Radiogram itu dikirim sehari setelah konferensi pers rencana pembubaran HTI, padahal pemerintah belum mengambil langkah hukum apa-apa,” kata Ismail saat berdiskusi dengan wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Muslim (FORJIM), Selasa malam (23/5) di kantor DPP HTI, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga :   PM Jepang: Kami Tak Akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Menurutnya rencana pembubaran cukup berdampak terhadap kegiatan HTI di daerah, kader HTI di beberapa daerah kerap mendapat intimidasi dari pihak-pihak yang mendukung pembubaran.

“Tapi alhamdulillah kami didukung 1000 advokat yang siap membela HTI, nanti di daerah tim ini juga akan menjalankan fungsi advokasi,” kata dia.

Sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo membantah pihaknya telah mengeluarkan radiogram berisi larangan bagi kegiatan HTI.

“Siapa yang mengeluarkan? Cek saja kalau ada radiogram (larangan) darimana,” kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/5).

Reporter: Dudy S Takdir
Editor: Daniel Amrullah