Beranda Berita Segera Bangun RS Indonesia di Myamnar, MER-C Temui Kontraktor Lokal

Segera Bangun RS Indonesia di Myamnar, MER-C Temui Kontraktor Lokal

BERBAGI
Kredit foto: MINA

Myanmar, AHAD.CO.ID- Tim Pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia dari lembaga kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) pada Kamis (18/5) siang meninjau lokasi baru lahan untuk rumah sakit di Mrauk-U, Rakhine State, Myanmar.

Tim yang terdiri dari Ketua Pembangunan RS Indonesia Ichsan Thalib, Presidium MER-C Faried Thalib dan ahli geoteknik Idrus Alatas, melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah dan kontraktor lokal guna membahas proses pembangunan.

Kamis siang tim MER-C setelah melakukan perjalanan 4.5jam dari Sitwee ke Muaung Bay Mrauk-U dimana lokasi baru untuk pembangunan RS Indonesia di Rakhine Miyanmar yang berjarak 2km dari lokasi awal.

“Proses pembangunan dimulai dengan pengurukan dan pemagaran lahan yang terletak di sebelah rumah sakit lama yang dibangun sejak 1972, di pinggir jalan antar kota Sitwee-Yangoon,” kata Ichsan di Mrauk-U, Kamis (19/5).

Berbeda dengan lahan pertama yang seluas 4.000 m2, lahan baru ini luasnya 7.000 m2.

Baca juga :   Transjakarta Siap Tambah Musala di Beberapa Halte

Rencananya lahan akan diuruk setidaknya 2m guna menghindari banjir yang selalu datang setiap tahun karena ada kiriman air dari pegunungan India. Pemagaran dan pengurukan dapat dilaksanakan bulan Juni.

MER-C bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang didukung oleh pemerintah kedua negara akan membangun rumah sakit jenis “station hospital” sebagai bagian dari upaya bangsa Indonesia turut terlibat mendamaikan umat Islam dan Buddha di Rakhine State yang beberapa kali bergejolak.

Sumber: Miraj Islamic News Agency
Editor: Daniel Amrullah