Beranda Berita Jelang Ramadan Pengemis Musiman Kepung Ibu Kota, Penghasilannya Mencengangkan

Jelang Ramadan Pengemis Musiman Kepung Ibu Kota, Penghasilannya Mencengangkan

BERBAGI
Kredit foto: merdeka.com

Jakarta, AHAD.CO.ID- Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, pengemis dadakan dari berbagai daerah mulai membanjiri Jakarta. Mereka biasa datang rombongan dan melakukan operasinya dengan berpencar.

“Baru sampai tiga hari lalu dari kampung, saya datang bareng rombongan delapan belas orang, sampai Jakarta semua pisah,” ujar seorang pengemis paruh baya yang mengaku bernama Yatmi kepada AHAD.CO.ID, di Jakarta, Jumat (19/5).

Sebelumnya perempuan dari sebuah daerah di Jawa Timur itu mengaku sudah mengetahui tempat mana saja yang akan dijadikan “kantornya”.

“Biasanya di masjid, kuburan, jembatan, sama pasar. Kalau di stasiun sekarang susah,” katanya.

Menurutnya masjid dan pemakaman merupakan lahan basah, sehingga seringkali para pengemis berebut menempatinya.

“Kalau di masjid atau kuburan enak, mau puasa begini bisa dapat 300 ribuan sehari, kalau pas hari Jumat begini bisa lebih. Di Kuburan ramainya nanti pas orang-orang ziarah sebelum puasa, lumayan untuk lebaran. Satu bulan,” ungkapnya.

Baca juga :   Berikut Hasil Pertemuan Delegasi Umat Islam dan MA

Yatmi sendiri sudah mendapatkan “wilayah” untuk meraih pundi-pundi uang dengan memanfaatkan rasa iba orang lain. Dia memilih masjid di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, alasannya lebih aman dari razia petugas.

“Di kuburan emang ramai, tapi sering ada razia. Sekarang kalau kena razia soalnya langsung dipulangin,” kata dia.

Pengemis musiman menjadi persoalan yang kerap terjadi di kota-kota besar menjelang bulan puasa termasuk Jakarta. Meski Dinas Sosial dan instansi terkait sering menggelar razia, nyatanya para pengemis tetap dengan mudah dijumpai di Ibu Kota.

Reporter: Damar AH
Editor: Dudy S Takdir