Beranda Headline PPPA Daarul Quran Segera Gelar Daqu Award

PPPA Daarul Quran Segera Gelar Daqu Award

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- PPPA Daarul Quran akan menggelar Daqu Award. Program ini menjadi penghargaan yang pertama kali diadakan di Indonesia untuk memberi perhatian kepada dunia tahfiz.

“Ini ajang yang baik yang saya harapkan akan semakin memotivasi mereka yang selama ini telah berjuang untuk pemuliaan Alquran di Indonesia,” kata pakar Ilmu Tafsir dan Hukum Islam sekaligus juri Daqu Award, KH Ahsin Sakho Muhammad, melalui keterangan tertulis yang diterima AHAD.CO.ID, Selasa (16/5).

Ahsin berharap dapat menemukan orang-orang yang berkontribusi besar bagi perkembangan dakwah Alquran di Indonesia.

“Saya meyakini banyak da’i ataupun tokoh masyarakat yang selama ini berjuang untuk mengenalkan Alquran baik dari membaca hingga menghafalnya,” kata Ahsin.

Anggota dewan juri lainnya, Huzaimah T Yango, mengatakan Daqu Award dapat meningkatkan perkembangan dunia tahfiz di Indonesia. Perkembangan dunia tahfiz di Indonesia, tambah dia, begitu pesat dan membanggakan.

“Kini menghafal Alquran tidak hanya di pesantren-pesantren tetapi juga sekolah-sekolah umum. Bahkan ada sekolah yang memulai pelajaran dengan membaca ayat suci Alquran,” kata Huzaimah.

Sementara itu, cendekiawan Islam, Adian Husaini, berharap Daqu Award dapat menjadi pelopor bagi upaya pengembangan tahfizul Quran di Indonesia.

Baca juga :   Selama Ramadan 1438 H, BMH Targetkan Perolehan Zakat Rp 50 Miliar

“Sekarang tugasnya adalah, bagaimana mendorong lahirnya para pemikir-pemikir Alquran di kalangan tokoh-tokoh muda Islam yang misalnya dapat melahirkan tafsir Alquran,” ucap Adian.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Lajnah dan Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang Kementerian Agama, Muchlis M Hanafi. Meski banyak yang harus disempurnakan, Muchlis mengakui Daqu Award merupakan sebuah terobosan.

” Ini sangat bagus dan saya harapkan dapat menjadi syiar bagi perkembangan dunia tahfizhul Alquran di Indonesia,” kata Muchlis.

Penganugerahan Daqu Award akan dihelat pada 20 Mei mendatang di Balai Sudirman, Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan Milad Daarul Qur’an ke-14 yang akan jatuh pada tanggal 5 Juli 2017.

Reporter: Ainul Yaqin
Editor: Daniel Amrullah