Beranda Berita Pengungsi Palestina Peringati Hari Nakba ke-69

Pengungsi Palestina Peringati Hari Nakba ke-69

BERBAGI
Ilustrasi

Beirut, AHAD.CO.ID- Pengungsi Palestina yang tersebar di beberapa negara, memperingati peristiwa Nakba atau “Bencana” ke-69 pada hari Senin (15/5). Mereka mengenang perpindahan diusirnya rakyat Palestina dan penggusuran tanah mereka untuk mendirikan “Negara Israel” pada tahun 1948.

Hari Nakba diperingati setiap tahun pada tanggal 15 Mei, hari pertama setelah Mandat Inggris resmi berakhir.

Sekitar 750.000 orang Palestina dipaksa keluar dari negeri mereka selama pembentukan pemerintahan Israel dan mereka tersebar di seluruh kamp pengungsi di Lebanon, Yordania, Mesir, dan Suriah.

Saat ini, pengungsi Palestina dan keturunan mereka berjumlah lebih dari 7 juta.

Bersama dengan penghancuran negara Palestina, Nakba membangkitkan kenangan pribadi tentang kehilangan dan trauma, yang diturunkan dari generasi ke generasi.

“Kakek saya adalah seorang pemecah batu yang membangun beberapa rumah terindah di Talbiya dan Qatamon, 69 tahun yang lalu rumah-rumah itu dicuri,” tulis Xavier Abu Eid di akun Twitter miliknya. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Baca juga :   Parade Munajat dan Shubuh Berjamaah Gelar Doa untuk Bangsa

Sementara akun bernama Dana Elkurd menulis kisah keluarganya yang diusir dari rumahnya di Baq’a, Yerusalem Barat ke Yerikho selama tiga tahun di sebuah kamp, lalu kembali ke Yerusalem Timur.

“Kakek saya masih memiliki kunci rumahnya di Palestina. Ia dipaksa pergi dan mungkin tidak akan pernah kembali,” tulis akun Twitter bernama Nora.

Selama 69 sembilan tahun berlalu, hak kembali tetap menjadi inti identitas warga Palestina dan kenangan kolektif yang diabadikan di bawah Resolusi Majelis Umum PBB 194, yang menuntut pemindahan pengungsi atau kompensasi yang dibayarkan kepada mereka yang memilih untuk tidak kembali.

Reporter: Damar AH
Editor: Daniel Amrullah