Beranda Headline Kerjakan Lima Syarat Ini, Maka Anda Boleh Maksiat Sepuasnya

Kerjakan Lima Syarat Ini, Maka Anda Boleh Maksiat Sepuasnya

BERBAGI
Ilustrasi

AHAD.CO.ID- Syahdan pada suatu hari, Ibrahim bin Adham seorang ulama ahli zuhud, didatangi oleh seorang lelaki. Lelaki yang bernama Jahdar bin Rabiah itu pun berkata

“Yaa Abu Ishaq (panggilan Ibrahim bin Adham), aku adalah seorang yang gemar berbuat maksiat. Tolong nasehati aku agar dapat menghentikannya,” ujar Jahdar.

Ibrahim bin Adham pun merenung sejenak, lalu berkata, “Baik, Kamu tak perlu berhenti maksiat, kamu boleh melakukannya, asalkan mampu melaksanakan lima syarat berikut,” jawabnya.

Mendengar jawaban tersebut, Jahdar pun merasa gembira dan penasaran untuk segera mengetahui syarat-syarat untuk berbuat maksiat tersebut

“Syarat pertama. Jika kamu ingin berbuat maksiat, maka bersembunyilah. Carilah tempat di mana Allah SWT tidak bisa melihat perbuatanmu itu,“ kata Ibrahim bin Adham.

Baca juga :   Keputusan Polisi Hentikan Kasus Viktor Laikodat Bisa Picu People Power

Jahdar pun berkomentar, ”Subhanallaah, nasihat macam apa ini. Bagaimana bisa aku bersembunyi dari Allah sedangkan Allah Maha Melihat dan Mengetahui apapun yang nampak maupun yang tidak.”

Ibrahim berkata, “Apakah kamu tidak malu berbuat maksiat sedangkan Allah selalu melihat apa yang kamu perbuat itu?”

Lelaki itu terdiam, lalu bertanya, “Apa syarat kedua, Yaa Abu Ishaq..”

“Syarat kedua. Jika kamu ingin berbuat maksiat kepada Allah SWT, jangan lakukan di atas bumi-Nya.”

Jahdar pun kaget lagi, ”Subhanallaah, lalu di mana aku bisa berbuat maksiat, bukankah semua alam semesta dan isinya adalah milik Allah?”