Beranda Berita Sebelas Tokoh Perwakilan Umat Islam Bergerak ke Mahkamah Agung

Sebelas Tokoh Perwakilan Umat Islam Bergerak ke Mahkamah Agung

BERBAGI
Jamaah aksi simpatik 55 mulai berdatangan di Masjid Istiqlal/AHAD.CO.ID, Henry Sundany

Jakarta, AHAD.CO.ID- Aksi Simpatik 55 yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF MUI), pada Jum’at (5/5/2017), dipusatkan di Masjid Istiqlal. Keputusan untuk memusatkan aksi di Masjid Istiqlal diambil setelah para tokoh Islam bermusyawarah.

“Massa tetap berada di Masjid Istiqlal. Yang di dalam masjid tetap di dalam dan yang di luar mendengar komando dari dari dalam masjid melalui siaran yang dipancarkan dari Masjid Istiqlal,” kata Wakil Ketua GNPF MUI, Ustaz Zaitun Rasmin di Masjid Istiqlal, Jum’at (5/5).

Usai salat Jumat, para tokoh Islam bergantian memberikan orasi di dalam ruang utama Masjid Istiqlal. Namun demikian, ceramah tersebut tetap disebarkan melalui mobil sound system yang berada di luar.

Sementara itu, sejumlah delegasi juga ditunjuk oleh GNPF MUI mewakili Umat Islam menemui pihak Mahkamah Agung. Para delegasi berjumlah 11 orang, mereka dipimpin oleh Prof Dr Didin Hafiduddin.

Sepuluh tokoh lain yang menjadi delegasi adalah Kapitra Ampera, Nasrulloh Nasution, Ustadz Shobri Lubis, Ahmad Doli Kurnia, KH. Ahmad Luthfi Fathullah, Muhammad Lutfie Hakim, Heri Aryanto, KH. Nazar Haris, Ustadz Boby Herwibowo, dan Habib Muhammad al Jufri.

Baca juga :   Sore Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1439H

Seperti diberitakan, Aksi Simpatik 505 digelar karena umat Islam Islam kecewa atas tuntutan rendah Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun yang dinilai cenderung membebaskan terdakwa. Untuk itu Umat Islam menuntut agar terdakwa penista agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dihukum secara maksimal.

Sumber: Panjimas
Editor: Daniel Amrullah