Beranda Berita Mahendradatta: Ahok Dapat Divonis Majelis Hakim Lebih Berat dari Tuntutan JPU

Mahendradatta: Ahok Dapat Divonis Majelis Hakim Lebih Berat dari Tuntutan JPU

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID- Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM), Muhammad Mahendradatta, menegaskan Majelis Hakim bisa memvonis lebih berat dari tuntutan JPU.

Menurutnya, dasar putusan Majelis Hakim bukan tuntutan, melainkan dakwaan dengan segala yang terbukti di PN Jakut sesuai Pasal 182 ayat 4 KUHAP.

“Jadi tuntutan JPU bisa dikesampingkan,” jelas lulusan American Litigation di School of Law-University of California at Los Angeles (UCLA) ini seperti dikutip dari Hidayatullah, Senin (24/4).

Lebih lanjut dia menjelaskan, walau JPU tidak menuntut Ahok dengan Pasal 156a tentang Penodaan Agama sehingga melepaskan Ahok dari “reputasi buruk”, namun Majelis Hakim harus tetap mempertimbangkan pasal dakwaan tersebut tanpa harus mengekor pada arahan JPU.

Baca juga :   ARSA: Pilihan Kami Hanya Melawan Militer Myanmar

Mahendradatta memandang, bila Majelis Hakim tetap mengekor pada “kemauan” JPU, apalagi secara kasat mata memberi hukuman percobaan seperti “arahan” JPU, maka tentu bisa dianggap kehilangan profesionalitas dan independensinya.

“Dan hal ini merupakan Kewajiban KY (Komisi Yudisial. Red) untuk memeriksanya,” pungkasnya

Pada sidang sebelumnya, Kamis (20/04/2017), Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Ahok dengan hukuman 1 tahun penjara dan masa percobaan 2 tahun.

Editor: Daniel Amrullah