Beranda Berita Empat Mahasiswa Indonesia Raih Cumlaude di Universitas Al Ahgaff, Yaman

Empat Mahasiswa Indonesia Raih Cumlaude di Universitas Al Ahgaff, Yaman

BERBAGI

Hadramaut, AHAD.CO.ID- Universitas Al Ahgaff, Yaman gelar wisuda mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum. Acara yang berlangsung Kamis (20/4) di auditorium fakultas tersebut dihadiri Wakil Rektor, Dr. Shadiq Maknun, MA (Anggota Fatwa wilayah Tarim), Syekh Muhammad Ali Al Khatib (Dekan Fakultas Syariah & Hukum) dan segenap civitas universitas.

Wakil Rektor, dalam sambutannya menguraikan perjalanan Universitas Al Ahgaff dan masuk dalam jajaran Liga Arab itu. Diantaranya adalah: Mempersatukan Umat.

“Diantara visi-misi Universitas ini adalah memajukan dan mempersatukan umat,” ujarnya seperti dikutip dari Hidayatullah, Selasa (25/4).

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Ustaz Abdullah bin Smith menasehatkan untuk selalu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dari Universitas.

Dia juga menekankan perlunya mengemban panji toleransi dan rahmat untuk semua orang. Terlebih masa sekarang ini, menurutnya, sifat kasih-sayang yang benar-benar dianjurkan Islam sudah memulai pudar dari kaum muslimin.

“Kalian amalkan ilmu yang telah dipelajari dengan sertakan akhlak baik. Bawalah panji rahmat dan toleransi kepada siapapun. Jangan pernah menganggap remeh dan menghina orang lain, meskipun itu orang yang selalu bermaksiat. Dakwahlah mereka dengan mauidhah wal hasanah,” ujar pria yang akrab dipanggil dengan Ustaz Awadh itu.

Keseluruhan wisudawan berjumlah 79 orang yang terdiri dari negara Indonesia, Malaysia, Yaman dan Somalia. Hingga beranjak ke acara selanjutnya, yaitu penyerahan penghargaan kepada lulusan terbaik (cum laude).

Dalam hal ini, mahasiswa Indonesia patut berbangga, empat dari tujuh lulusan terbaik merupakan mahasiswa NKRI. Mereka adalah, M. Idris dengan IP 4,68, Anwarul Huda 4,58, M. Hanif Alathas 4,51 dan Nizar Alhabsyi 4,50. Tepukan penonton pun menyeruak seisi ruangan itu.

Baca juga :   Afghanistan Kecam Pembunuhan Massal Muslim Rohingya

Rektor Universitas Al Ahgaff, Prof, Al Habib Abdullah Baharun, MA, yang tidak bisa menghadiri acara tersebut, melalui rekaman video mengucapkan selamat untuk para wisudawan.

Beliau juga berpesan agar mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari, dan selalu mengingat jasa-jasa guru dan semua pihak yang telah berjasa untuk universitas ini. Menurutnya, guru merupakan orang tua ukhrawi.

Sementara itu, Ketua PPI Hadhramaut, Taufan Azhari Mujahid mengapresiasi para mahasiswa asal Indonesia khususnya. Perjuangan lima tahun dengan kondisi negara yang kurang kondusif, namun semangat untuk lulus sangat patut untuk dihargai. Ia juga berharap semoga para wisudawan menjadi pionir persatuan dan kemajuan NKRI kedepannya.

Acara yang dimulai pukul 18.30 itu berakhir ketika jam menunjukkan pukul 23.00 waktu setempat.

Editor: Daniel Amrullah