Beranda Berita Referendum Konstitusi Turki, Erdogan Menang dengan Suara 51,3 Persen

Referendum Konstitusi Turki, Erdogan Menang dengan Suara 51,3 Persen

BERBAGI
Warga Turki di Jerman ikut dalam referendum konstitusi/AP

Ankara, AHAD.CO.ID- Ketua Badan Pemilihan Umum Turki (YSK) Sadi Guven mengumumkan kemenangan pendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam referendum bersejarah di Turki.

Referendum digelar untuk mencari dukungan rakyat sebelum Turki mengadopsi sistem presidensial.

“Menurut hasil adalah ‘Ya’ (setuju) yang muncul sebagai pemenang. Sedangkan hasil akhirnya akan diterbitkan 11 hari ke depan” kata Guven, Ahad (16/4) seperti dikutip dari The New Arab, Senin (17/4).

Perdana Menteri Binali Yildirim sama-sama dari Partai AKP, sebelumnya juga telah menyatakan kemenangan dalam hasil perhitungan versi AKP.

“Sistem presidensial, menurut hasil resmi, telah dikonfirmasi dengan suara ‘Ya’, didukung oleh rakyat,” kata Yildirim sambil mengibarkan bendera pendukung dari balkon markas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara.

“Ini adalah keputusan yang dibuat oleh rakyat. Dalam sejarah demokrasi kita, halaman baru telah dibuka dengan suara ini. Tidak ada yang kalah dalam referendum ini, pemenangnya adalah Turki, pemenangnya adalah orang-orang terkasih,” katanya.

Baca juga :   Habib Rizieq: Jangan Terprovokasi Teror Mobil, Jangan Ambil Tindakan Sendiri

Kendati demikian, dua partai oposisi utama Turki mengatakan mereka akan menantang hasil tersebut.

Badan Pemilihan Umum mengeluarkan pengumuman, pilihan ‘Ya’ telah memenangkan 51,3 persen suara sedangkan ‘Tidak’ mendapat 48,7 persen dari hitungan 99 persen kotak suara.

Reporter: Ainul Yaqin
Editor : Daniel Amrullah