Beranda Ekonomi Punya Pasar Potensial, Produk Halal Indonesia Diproyeksikan Terus Tumbuh

Punya Pasar Potensial, Produk Halal Indonesia Diproyeksikan Terus Tumbuh

BERBAGI
MIHAS 2017/Channel Muslim

Jakarta, AHAD.CO.ID- Potensi pasar produk halal dunia diperkirakan akan berkembang pesat seiring dengan meningkatnya populasi muslim dunia pada tahun 2030, dengan estimasi nilai perdagangan sebesar 3,7 triliun pada tahun 2019 (data Global State of Islamic Economic).

Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia berpotensi untuk mengekspor produk halalnya ke pasar internasional. Sektor produk halal menjadi potensi yang yang sangat besar bagi produk-produk UKM Indonesia.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta mengatakan dengan promosi dan pemasaran yang baik serta dikembangkan secara baik pula, produk halal Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan yang cukup besar.

“Peningkatan populasi muslim di Indonesia dan daerah lain ASEAN merupakan sebuah peluang yang cukup besar bagi produsen produk halal,” kata I Wayan Dipta melalui siaran pers yang diterima AHAD.CO.ID, Sabtu (15/4).

Baca juga :   UBN: Waspadai RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Lembaga survei dari Pew Research Center’s Forum on Religion & Public Life memproyeksikan total penduduk muslim dunia meningkat dari 1,6 milyar jiwa di tahun 2010 akan meningkat drastis menjadi 2,2 milyar jiwa di tahun 2030.

Wilayah konsumen utama untuk produk halal tetap berada di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara mayoritas Muslim terbesar di dunia dengan populasi lebih dari 250 juta dimana 90 persen adalah Muslim.

Keikutsertaan di Pasar Halal Dunia