Beranda Headline Buat Jumat Istimewa dengan 7 Sunnah Khusus Ini

Buat Jumat Istimewa dengan 7 Sunnah Khusus Ini

BERBAGI

AHAD.CO.ID- Hari Jumat adalah hari yang mulia, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia memuliakannya.

Keutamaan yang besar pada hari Jum’at menuntut umat Islam untuk mempelajari petunjuk Rasulullah dan sahabatnya, bagaimana seharusnya menyambut hari Jum’at dan mendapatkan pahala dari Allah ta’ala.

Berikut ini beberapa adab yang harus diperhatikan bagi setiap muslim yang ingin menghidupkan syariat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jumat.

1. Mandi, memakai wangi-wangian dan pakaian yang terbaik

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudian ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Baca juga :   Ini Tanggapan Komnas HAM Soal Prostitusi Gay Berkedok Spa

Jumat adalah hari raya setiap muslim, karena itu wajar jika menyiapkan penampilan dan fisik untuk menyambut dan menghias kemuliannya.

Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam yang mempraktekkan sendiri, beliau mempunyai pakaian khusus untuk hari Jumat, dan memerintahkan para sahabat untuk juga melakukannya.

Tentang mandi dan wangi-wangian, selain sebagai syiar hari raya, juga untuk menambah kekhusyukan dalam melakukan rangkaian ibadah sholat Jumat. Kita akan bisa membedakan dengan mudah, mana yang datang ke masjid dengan penuh kegembiraan dan persiapan, dan mana yang datang dengan setumpuk kelelahan.