Beranda Ekonomi Malaysia Berminat Bantu Jepang Kembangkan Industri Halal

Malaysia Berminat Bantu Jepang Kembangkan Industri Halal

BERBAGI
Salah satu kedai makanan halal di Jepang/Istimewa

Kuala Lumpur, AHAD.CO.ID- Menjelang Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade, Malaysia menyatakan kesiapannya untuk berbagi keahlian dengan Jepang dalam usaha mengembangkan industri halal.

Ketua Perhimpunan Pembangunan Perdagangan Luar Negeri Malaysia (MATRADE) Ir. Dr. Mohd Shahreen mengatakan, Malaysia saat ini satu-satunya negara di dunia yang menyediakan perangkat komprehensif untuk pembangunan industri Halal.

“Ini termasuk sistem sertifikasi Halal, meliputi standar dan peraturan, infrastruktur, insentif, modal usaha, dan perbankan syariah yang didukung oleh lembaga pemerintah,” katanya seperti dikutip dari International Islamic News Agency (IINA), Ahad (2/4).

“Masing-masing kegiatan tersebut menciptakan perangkat lengkap Halal,” imbuhnya.

Pejabat MATRADE itu juga menekankan, pemerintah Malaysia sebagai teman dekat Jepang sangat senang untuk bekerja sama dalam mempromosikan dan mengembangkan industri halal.

“Kami juga ingin mendorong perusahaan Jepang untuk lebih terlibat dalam lingkup Halal,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, MATRADE berencana untuk berkolaborasi dengan Organisasi Perdagangan Luar Jepang (Japan External Trade Organization) membawa perusahaan Malaysia dan Jepang bersama-sama melalui program bisnis yang cocok untuk menjalin kemitraan yang lebih strategis.

Baca juga :   Panitia Zakat Fitrah Masjid Istiqlal Terima Uang Zakat Rp 400 juta Rupiah

Pernyataan resmi MATRADE menjelaskan, Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengumumkan awal tahun ini, makanan halal akan diberikan untuk mendorong umat Islam sering mengunjungi Tokyo.

Dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo November lalu, Perdana Menteri Malaysia Najib Abdul Razak dilaporkan menawarkan program untuk memfasilitasi persiapan Jepang menyediakan makanan Halal di perhelatan olahraga akbar tahun 2020 mendatang.

Editor : Dudy S Takdir