Beranda Fashion Begini Tips Asik Jalan-Jalan ke Eropa Bagi Muslimah Berhijab

Begini Tips Asik Jalan-Jalan ke Eropa Bagi Muslimah Berhijab

BERBAGI

AHAD.CO.ID- Semakin meningkatnya Islamophobia di Eropa, kadang menjadi momok yang menakutkan bagi muslimah yang berencana melakukan perjalanan ke Benua Biru itu. Apalagi jika perjalanan dilakukan sendirian atau bersama kawan yang juga berhijab.

Di Eropa hijab yang dipakai terkadang dapat menjadi penghalang komunikasi dengan penduduk setempat. Walaupun tidak dilakukan secara terang-terangan, namun sambutan berbeda dan kurang ramah akan terasa.

Tapi jangan khawatir, tidak semua tempat seperti itu. Beberapa tempat di berbagai negara justru menawarkan sambutan yang cukup bersahabat bagi para Muslimah. Karena itu jangan lupa membuat persiapan matang pada perjalanan mu.

Bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan bagi para muslimah traveler?

Dikutip dari muslimtravelgirl.com, AHAD.CO.ID berikan beberapa tips simpel namun bermanfaat untuk kamu. Berikut tipsnya:

Pertama, saat kamu berpergian tidak akan ada yang benar-benar bisa menjamin keselamatan diri sendiri. Jadi pastikan sebelum mengawali perjalanan, segera baca niat dan menunaikan sholat sunnah safar dua rakaat.

Pastikan alokasi dana cukup untuk akomodasi selama di perjalanan. Sehingga dapat memesan hotel yang strategis, layak dan aman untuk solo traveler.

Memanfaatkan program promo dan keanggotaan hotel dapat menurunkan baiaya akomodasi mu. Perbanyak juga membaca ulasan di trip advisor agar dapat bertransaksi hotel secara murah.

Selanjutnya, percaya terhadap insting merupakan cara terbaik untuk berjaga-jaga. Percaya pada naluri membuat mu tidak akan mengambil tindakan yang gegabah.

Selain itu, sangat penting untuk memberi tahu seluruh jadwal kegiatan selama berlibur kepada sahabat dan keluarga. Sehingga mereka dapat mengecek keberadan Anda pada situasi yang tidak diinginkan. Atau melacak keberadaan seseorang saat ia tersesat.

Baca juga :   Fahira Idris Tegaskan Sangkaan Buni Yani Pembuat Onar Tak Relevan

Daftarkan kunjungan mu pada kedutaan besar RI di negara masing-masing. Kedutaan biasanya memiliki program yang melayani para traveler berkaitan dengan keamanan ini. Pada dasarnya, kamu harus membiarkan pemerintah tahu posisi mu berada, agar saat sesuatu terjadi, kamu tetap berada di radar mereka. Ini akan membuat lebih mudah dalam keadaan darurat.

Reputasi Eropa masih terkenal dengan penipuan dan pencopetan yang cukup tinggi. Solo Muslim traveler harus ekstra hati-hati. Seperti misalnya saat di Roma, jangan sembarang bertanya atau meminta tolong orang yang tak dikenal.

Saat kamu butuh menarik uang dari rekening bank, usahakan melakukannya di cabang bank utama daripada yang berada di luar. Serta hindari untuk menarik uang saat sendirian.

Jangan lewatkan pula mengunjungi masjid lokal. Hal ini bertujuan untuk menjalin pertemanan dengan orang-orang baru. Eropa banyak menyediakan tempat berdoa bagi perempuan Muslim.

Lakukan observasi melalui pencarian online untuk melakukan kunjungan. Kamu mungkin akan diundang untuk mencoba beberapa makanan lokal atau akan dibantu oleh pemandu wisata harian.

Saat pergi sendirian, tak ada salahnya untuk mencoba layanan bis tur gratis. Biasanya melalui kesempatan ini akan banyak menemukan teman perjalanan yang asyik.

Editor : Dudy S Takdir