Beranda Kaifa Ini Enam Keutamaan Hari Jumat

Ini Enam Keutamaan Hari Jumat

BERBAGI

AHAD.CO.ID- Ada satu hari dalam Islam yang memiliki berbagai keutamaan, yakni hari Jumat. Dalam kalender hijriyah, Jumat adalah hari yang ke enam. Hari Jumat Rasulullah sebut sebagai “Sayyidul Ayyam” atau penghulunya berbagai hari.

Secara bahasa, Jumat diambil dari kata jama’a yang artinya berkumpul, karena menurut beberapa riwayat, hari Jumat lah Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu di Jabal Rahmah. Kata Jumat secara istilah berarti waktu berkumpulnya kaum muslimin untuk mendirikan shalat Jum’at.

Setidaknya ada enam keutamaan atau fadhilah yang terkumpul di hari Jumat. Apa saja keutamaan hari Jumat? berikut daftarnya

1. Jumat adalah sebaik-baiknya hari

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ,, خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ اْلجُمْعَةِ, فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَامُ, وَفِيْهِ أُدْخِلَ اْلَجنَّةَ, وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُوْمَ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ اْلجُمْعَةِ

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda : “Sebaik-baik hari yang pada hari itu terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari qiyamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

2. Terdapat waktu yang mustajab (manjur) untuk berdoa

وَعَنْ اَبِيْ مُوْسَى اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ فِيْ سَاعَةِ الْجُمْعَةِ,, هِيَ مَابَيْنَ اَنْ يَجْلِسَ اْلإِمَامُ-يَعْنِيْ عَلَى الْمِنْبَرِ-اِلٰى اَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Dan dari Abu Musa, sesungguhnya ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda tentang waktu (mustajab di) hari Jumat yang dimaksud : yaitu antara Imam duduk—di atas mimbar sampai selesai shalat. (HR. Muslim dan Abu Dawud)

3. Berlipat ganda pahala sedekah di hari Jumat

الصَّدَقَةُ تُضَاعَفُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari.”(HR. Abi Syaibah)

Baca juga :   Pola Belajar pada Anak-anak

4. Jumat adalah hari raya bagi kaum muslimin

إِنَّ يَوْمَ الْجُمْعَة يَوْمُ عِيدٍ ، فَلَا تَجْعَلُوا يَوْم عِيدكُمْ يَوْم صِيَامكُمْ , إِلَّا أَنْ تَصُومُوا قَبْله أَوْ بَعْده

“Sesungguhnya, hari Jumat adalah hari raya. Karena itu, janganlah kalian jadikan hari raya kalian ini sebagai hari untuk berpuasa, kecuali jika kalian berpuasa sebelum atau sesudah hari Jumat.” (HR. Ahmad dan Hakim)

5. Shalawat yang dibaca langsung sampai ke Rasulullah

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاةِ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ , فَإِنَّ صَلاةَ أُمَّتِي تُعْرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ , فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً

Rasulullah bersabda: “Perbanyaklah membaca salawat untukku setiap hari Jumat, karena salawat umatku ditunjukkan kepadaku setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak salawatnya untukku maka dia adalah orang yang paling dekat kedudukannya denganku.” (HR. Al Baihaqi)

6. Orang yang meninggal di hari Jumat terlindung dari siksa kubur

ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة الا وقاه الله فتنة القبر

“Tidaklah seorang muslim yang meninggal di hari Jumat atau malam Jumat, kecuali Allah akan lindungi dirinya dari fitnah (ujian) alam kubur.” (HR. Ahmad)

Masih banyak fadhilah lain dari hari Jumat, yang terpenting jangan lupa untuk mengamalkan sunnah di hari Jumat ya, agar rangkaian ibadah mu semakin afdhal.

Referensi:

1. Kitab Riyadhus Shalihin
2. Kitab Shahih Muslim

Dudy Sya’bani Takdir